Monday, January 4, 2016

T2_Nurdiana Safitri_Solusi UNJ untuk pariwisata di Indonesia


SOLUSI UNJ UNTUK PARIWISATA INDONESIA

Assalamualaikum wr.wb pada kesempatan kali ini saya Nurdiana Safitri dari Usaha Jasa Pariwisata 2014  kelas B akan sedikit bercerita mengenai beberapa permasalahan yang kita alami dan solusi menangani sedikit demi sedikit masalah pariwisata yang kita miliki. Karena hal tersebut patut kita pikirkan mengingat kita sebagai bangsa Indonesia dan terlebih lagi mahasiswa program studi Usaha Jasa Pariwisata yang wajib terjun dalam permasalahan-permasalahan yang bergelut dalam bidang pariwisata. Pengertian Pariwisata itu sendiri kegiatan yang dilakukan untuk berpergiaan selama beberapa waktu tujuannya untuk berkeliling atau berwisata atau bisa di bilang pariwisata juga merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan perjalanan rekreasi. Sedangkan pengertian secara umum pariwisata merupakan suatu perjalanan yang dilakukan seseorang untuk sementara waktu yang diselenggarakan dari suatu tempat ketempat lain dengan meninggalkan tempat semula dan dengan suatu perencanaan atau bukan maksud mencari nafkah di tempat yang dikunjunginya, tetapi semata mata untuk menikmati kegiataan pertamasyaan atau reakreasi untuk memenuhi keinginan yang beraneka ragam dari para wisatawan.  

Pariwisata di Indonesia merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia. Jadi dapat di tarik kesimpulan tidak hanya mencintai negeri yang kaya ini namun juga kita patut untuk meneruskan dan melestarikan pariwisata sebagai salah satu hal yang melekat pada bangsa ini. Tentu nya ada terbesit beberapa hal yang ingin kita realisasikan dalam menangani masalah pariwisata di Indonesia, mungkin dalam kesempatan kali ini saya di perizinkan untuk menulis dalam blog atas aspirasi yang saya punya dan maaf jika sekira nya solusi yang saya berikan kurang dapat berkenan bagi pembaca. Seperti yang kita ketahui sebelumnya ”PESONA INDONESIA” merupakan slogan yang kita miliki yang menandakan betapa menakjubkan nya keindahan alam Indonesia yang kita punya. Indonesia memiliki ratusan bahkan ribuaan destinasi wisata yang tiada habisnya dan memiliki keunikan yang berbeda dan istimewa dari yang lain. Alam yang tidak ada habisnya,hasil panen yang gemaripah lojinawi,masyarakat yang ramah-tamah dan saling bergotong royong, warisan budaya yang kaya,dan keindahan eksotika negri ibu pertiwi yang membuat semua mata takjub memandanginya, membuat Indonesia menjadi salah satu tujuan negara yang tepat untuk mengexplore hasil alam yang di ciptakan tuhan yang cocok untuk di kunjungi dan dijadikan alasan melepas kepenatan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Maka dari itu sudah menjadi kewajiban kita,untuk bukan hanya menjaga tapi juga melestarikan hasil alam maupun budaya yang kita miliki.
Dalam melestarikan budaya maupun kekayaan alam yang kita miliki pasti ada saja masalah-masalah yang datang menghampiri. Seperti apakah masalah-masalah itu? Saya akan mengambil beberapa masalah yang menurut saya menarik untuk kita bahas dalam kesempatan kali ini. Yang jika kita selesaikan dengan baik kita dapat membantu memajukan Pariwisata di Indonesia. Contoh garis besar yang menjadi penghambat kemajuan pariwisata di Indonesia yaitu : 1. Sarana Prasarana 2. Sumber Daya Manusia 3. Komunikasi dan Publisitas 4. Mindset Turis Asing  5. Pemberitaan Miring Media

Hal itu dikemukakan Menparekraf Mari Elka Pangestu dalam seminar Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) bertajuk 'Geo Politik Pariwisata Indonesia 2014 dalam Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015' di Merlynn Park Hotel, Jl KH Hasyim Ashari, Jakarta Pusat.

1.    Sarana dan prasarana
Jika kita mengulik ke masalah Pertama adalah sarana & prasarana. Sarana dan prasarana membuat menurunnya juga para pengunjung wisata di indonesia dikarenakan kurangnya kualitas fasilitas yang lengkap. Di tambah lagi dengan kurangnya komunikasi yang baik. Membuat pengunjung yang pernah datang tidak merasa nyaman atas fasilitas yang destinasi tersebut miliki,maupun pelayanan yang di berikan walaupun merupakan destinasi yang baik dan recomended untuk di kunjungi. Termasuk permasalahan yang harus segera di selesaikan dan tidak boleh ada persoalan semacam ini karena hanya karena sebuah fasilitas dapat merusak nama baik sebuah destinasi.Hal yang menyebabkan kurangnya sarana dan prasarana mungkin karena kurang di perhatikan dan dipikirkan lebih matang dan minim nya dana yang dimiliki pengelola dan pemerintah untuk memperbarui kerusakan atau kecacatan fasilitas yang tersedia. Serta manajemen pelayanan yang tersedia.

Solusi dalam hal ini kita membutuhkan orang-orang yang profesional untuk mengatur perjalanan pengunjung, bidang transportasi yang cukup memadai dan memiliki manajemen ketepatan waktu sesuai yang telah diatur, juga penginapan yang cukup bagus dengan fasilitas yang sangat lengkap sehingga pengunjung pun merasa nyaman untuk menetap dan merasakan sebuah destinasi wisata yang istemewa. Pelayanan harus lebih di perhatikan karena merupakan kunci utama mengundang pengunjung untuk datang kembali karena pelayanan merupakan hal penting dalam bidang pariwisata, atau bisa di bilang hal utama bagaimana pengunjung dapat datang tidak hanya sekali ke sebuah destinasi wisata melainkan berkali-kali. Begitupun fasilitas mungkin pemerintah harus lebih peka dalam memberikan anggaran dana demi keberlangsungan sebuah destinasi dalam membuat pengunjung nyaman akan baik nya suatu fasilitas yang tersedia. Karena tidak di pungkiri salah satu pemasukan terbesar negara di pegang oleh bidang pariwisata. Jadi sudah merupakan kewajiban pemerintah dalam pengelolaan kemajuan fasilitas di sebuah destinasi wisata untuk pemasukan negara pada akhirnya. Karena kunci utama dalam pariwisata adalah sarana dan prasarana dalam melangsungkan pariwisata yang memadai dan bahkan membuat siapa saja merasakan kenyamanan.

2.    Sumber Daya Manusia
Membahas masalah kedua yaitu Sumber daya manusia merupakan faktor mendasar dan strategis bagi pembangunan suatu bangsa. Sumber daya manusia yang kuat dan berdaya saing tinggi dalam berbagai aspek akan mendukung peningkatan pembangunan, baik di bidang ekonomi maupun di bidang sosial dan budaya terutama di bidang Pariwisata. Sumber daya manusia merupakan faktor mendasar dan strategis bagi pembangunan suatu bangsa. Karena Sumber daya manusia yang berkualitas akan mendorong terciptanya produktivitas yang tinggi yang akan menjadi modal dasar bagi keberhasilan pembangunan perekonomian negara. Tentu menjadi permasalahan pariwisata yang sangat penting untuk di bahas demi dapat melayani konsumen dengan baik kita juga harus mensleksi siapa saja kah tenaga kerja yang sekira nya dapat di percaya untuk berhadapan dengan para pengunjung atau konsumen secara langsung membawa nama sebuah objek atau perusahaan yang bergerak dalam bidang pariwisata
Solusi yang harus diberikan untuk mengembangkan SDM yang baik yaitu menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kinerja tinggi seperti mengembangkan SDM dengan :
Nilai Kerja yang baik dengan hal tersebut sangat memberikan pengaruh dalam memajukan pariwisata di kedepannya. Yang harus diperhatikan yaitu kejujuran, tanggung jawab, dedikasi dan komitmen termasuk sebagai modal dasar yang harus dipenuhi dalam memiliki tenaga kerja yang kompeten. Karena bentuk layanan terbagi  menjadi 3 yakni : layanan dengan lisan, dengan tulisan dan perbuatan.
Semangat Kerja agar dapat menciptakan pelayanan dengan baik seseorang dituntut memiliki dorongan yang dapat membangkitkan kinerja kerja meningkat,yaitu dengan memiliki semangat kerja yang tinggi dan konsisten. Karena semangat kerja yang tinggi di percaya mampu menghasilkan kinerja yang lebih baik demi mencapai tujuan
Keterampilan Berkomunikasi
Bahasa dalam penyampaian komunikasi akan menjadi jembatan bagi perusahaan dan konsumen. Hal ini sangat penting untuk keberlanjutan dalam sisi sumber daya manusia kepariwisataan untuk melayani wisatawan

Pelatihan-pelatihan tersebut bisa di lakukan secara berkala dan terorganizier dengan baik sehingga menghasilkan tenaga kerja yang bermutu dan kompeten. Pemerintah nampaknya juga harus ikut turun tangan mengambil alih di dalam hal ini seperti memberikan pelatihan-pelatihan kepada calon tenaga kerja baru yang akan berpengaruh terhadap kemajuan pariwisata dari segi sumber daya manusia nya. Bila dikaitkan dengan program studi kita Usaha Jasa Pariwisata yang berdiri di Universitas Negeri Jakarta menurut saya program kita membentuk mahasiswa nya untuk menjadi sumber daya manusia yang memiliki kinerja tinggi,dan baik sebagai pelaku di bidang pariwisata. Yang basicly program studi kita menjadi seorang tour guide pelaku utama yang di tuntut memiliki sikap yang baik dalam mengerjakan pekerjaan nya karena berhadapan langsung kepada konsumen secara langsung, serta tanggung jawab yang besar yang pada dasar nya program studi kita juga berkaitan menjamin dalam membentuk kepribadiaan sumber daya manusia bagi kelangsungan pariwisata di masa mendatang, Karena sudah menjadi kewajiban kita untuk melayani sebaik mungkin dalam industri Pariwisata.

3.    KOMUNIKASI & PUBLISITAS
Masalah selanjutnya adalah masalah komunikasi dan publisitas. Demi kemajuan pariwisata di Indonesia, di butuhkan nya komunikasi yang baik antara pengelola destinasi wisata  kepada para pengunjung di masa mendatang bukan hanya informasi dari pemerintah saja yang wajib di komunikasikan dengan baik, dalam pengenalan destinasi wisata kepada dunia luar masyarakat juga perlu mempublikasikan seperti apa destinasi wisata yang kita miliki. Bagaimana dapat turis asing mengenal destinasi dan komunikasi dan tanpa ada nya publisitas jika minim nya hal-hal tersebut.


Solusi yang dapat kita lakukan dalam hal tersebut tentunya mempublikasikan kepada bangsa asing tidak hanya lewat media massa,dan acara tv magazine dan social network saat ini, hingga dengan menulis blog dan memposting indahnya “pesona Indonesia” yang kita miliki sehingga pelaku asing dapat mengenal satu per satu destinasi yang kita miliki yang mendatangkan turis turis mancanegara dan menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi pemasukan negara. Tidak hanya itu pemerintah juga harus selalu memberikan informasi dan pengenalan atas budaya dan alam yang kita miliki kepada dunia luar, maka informasi yang disebarkan oleh pemerintah dapat tersebar luas ke seluruh negeri ini bahkan mata dunia pun akan bisa melihat destinasi-destinasi yang ada di Indonesia. Hal itu akan membuat banyak wisatawan asing yang tertarik untuk datang ke Indonesia. Membahas mengenai Universitas Negeri Jakarta khususnya program studi pariwisata, kini setelah adanya social media kita dapat dengan mudah memberi tahukan kepada dunia mengenai kekayaan alam yang kita miliki, Apalagi kita merupakan jurusan pariwisata yang sudah melekat kepada kita untuk dapat membanggakan dan melestarikan apapun jenis hasil alam yang kita miliki dibarengi kita memiliki kegiataan biasa mengunjungi beberapa destinasi wisata di Indonesia seperti pada pengalaman-pengalaman sebelumnya.  Setelah nya kita dapat memotret dan memposting agar semakin banyak pengunjung yang tertarik mendatangi destinasi wisata tersebut.
       
1.    MINDSET TURIS ASING
                  
Salah satu masalah yang kita alami kali ini,kebanyakan turis asing datang hanya untuk menikmati pesona alam yang kita miliki atau sekedar menghitamkan kulit padahal banyak hal yang dapat di explore di negeri tercinta kita ini, Sehingga daya minat ia datang tidak hanya untuk menikmati alam saja dalam melepas penat,mengapa kita tidak mengembangkan mindset mereka untuk mengexplore lebih banyak warisan nenek moyang yang sangat unik dan beragam untuk di pelajari dan pastinya sulit untuk di temukan di berbagai pelosok dunia karena menjadi ciri khas bangsa kita
                                                                                             
Solusi nya yaitu ubah trend dari mass tourism menjadi responsible tourism. Trend wisatawan cukup senang berkunjung beramai-ramai ke suatu tempat hanya untuk sekedar berfoto, menjadi berkulit gelap akibat mandi matahari  harus diubah, libatkan turis dengan melihat dan mempelajari museum, galeri seni, membatik, kerajinan tangan dan sebagainya, mereka kemudian mengubah tujuannya untuk mencoba memahami budaya setempat, kemudian menjadi suatu kebanggaan bagi para wisatawan itu sendiri. Workshop dan kolaborasi seni menjadi bagian penting dari proses ini sehingga komunitas pun akan tetap hidup walaupun wisatawan meninggalkan tujuan wisatanya. Serta Turis asing akan lebih mengenal Indonesia bukan hanya kaya akan alam yang gemaripah lojinawi namun juga istimewa nya budaya dan tentu nya hasil karya anak bangsa yang memiliki seni tinggi yang tidak ternilai harga nya. Semua rekan-rekan staff pengelola destinasi wisata tersebut harus sudah bekerja dengan baik menata segala jenis hasil budaya yang dapat di promosikan kepada turis mancanegara, dengan keunikan masing-masing destinasi yang pasti nya tidak akan di temukan di destinasi lain nya. Melambangkan keberagaman dan kekayaan Indonesia yang ciri khas nya tidak hanya satu icon namun beragam icon sehingga para traveller asing yang ingin datamg merasa penasaran akan hasil karya dan budaya seperti apa laghi yang akan mereka temukan di destinasi wisata berikutnya

Dikaitkan dengan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta khusus nya program studi kita Usaha Jasa Pariwisata yang menjadi pelaku utama yang berhubungan langsung dengan para traveller (pengunjung destinasi wisata) kita dapat mengenalkan kepada mereka secara langsung seperti apa tata cara pembuatan batik, tenun,kerajinan, dan berbagai peninggalan sejarah maupun budaya kepada mereka karena merupakan tugas kita sebagai tour Guide untuk memberikan mereka informasi secara mendetail mengenai keseluruhan yang terkait dalam sebuah destinasi wisata. Pengenalan budaya dan menjual hasil karya anak bangsa dan di pamerkan ke mata dunia terutama. Atau ajang promosi yang hasil nya dapat langsung masuk ke pendapatan negara maupun pemasukan masyarakat di destinasi wisata setempat untuk pengelolaan atau modal kembali. Selain mendapat untung dari segi ekonomi kita juga dapat memamerkan keunikan budaya yang kita milikinke mata dunia yang terpampang jelas buatan asli Indonesia





2.    Pemberitaan media yang berlebihan

Banyak yang sedang berlangsung saat ini tersebar melalui pemberitaan media tv yang memberitakan mengenai keburukan negeri kita dan kekerasan yang ada maupun terorisme yang telah merajalela, yang membuat orang-orang di luar sana berfikir buruk akan keadaan negeri kita walaupun hal tersebut tidak menitik beratkan pada keburukan alam atau budaya namun, secara tidak langsung berkaitan satu dengan lainnya karena hal tersebut masuk dalam jajaran fenomena hal yang ada di negeri kita ini yang dapat membuat turis asing enggan atau bahkan merasa tidak nyaman datang ke Negeri kita Indonesia, Tugas kita seharusnya adalah membawa mereka datang untuk menikmati destinasi wisata yang kita miliki sebagai devisa negara bukan malah menjauhkan mereka untuk berkunjung ke negara kita.

Solusi yang dapat kita tangani akan hal ini yaitu pemerintah sudah harus membuat undang-undang mengenai penyaringan berita media ke luar atas apa yang terjadi pada negara, ada berita yang seharusnya dapat di jaga sehingga tidak merugikan pihak lain seperti pariwisata kita, yang akhirnya dapat merugikan pemasukan negara. Masyarakat juga setidak nya harus ikut membantu meredam kan kehebohan yang terjadi, yang pada kenyataanya tidak terlalu mengerikan seperti yang di beritakan di media. Tidak mudah membocorkan rahasia negara di mata dunia karena akan berdampak langsung dalam berbagai aspek. Sebagai Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta dalam program Studi Usaha Jasa Pariwisata kita harus dapat meyakinkan para turis mancanegara bahwa berita yang tersebar tidak benar adanya, dan meyakinkan mereka bahwa negeri kita aman dan damai seperti contoh postingan yang dapat kita perlihatkan ke dunia luar melalui media sosial sebagai seseorang yang bergerak di bidang Pariwisata. Dan dapat membalikan keadaan membuat mereka takjub melihat pesona Indonesia yang kita miliki yang tentu nya negeri yang kaya yang tidak akan mereka temukan keindahannya di tempat lain.
                         KESIMPULAN

Jadi seperti itulah ulasan masalah dan solusi yang dapat saya bahas dalam kesempatan kali ini, saya harap kita sebagai warga Indonesia yang beruntung memiliki negeri indah nan kaya ini mau untuk bersama membangun kemajuan pariwisata kita, yang tidak ada rugi mya jika kita kembangkan malah membuat kita semakin merasa bangga dan mencintai negeri kita ini, Mari mulai dari saat ini untuk memperhatikan dan membenarkan beberapa hal yang negatif dan mengganjal demi keberlangsungan pariwisata kita di masa depan, apalagi bagi kita generasi muda yang masih memiliki kesempatan dan waktu luang untuk lebih mengenal alam yang kita miliki yang di jaga dan di wariskan oleh nenek moyang kita yang telah Tuhan ciptakan untuk kita nikmati dan tentu nya kita pelihara jika tidak dimulai dari sendiri lalu siapa lagi yang akan berusaha memajukan keberlangsungan pariwisata demi alam kita di masa mendatang tersebut . Saya sangat bangga dan merasa sangat bersyukur dapat dilahirkan sebagai anak negeri yang tiada berenti mengucap syukur atas Indah nya Negeri yang berlimpah ini. Saya berharap tidak hanya saya yang dapat melihat dari sisi ini dari lebih dekat tetapi juga teman-teman pembaca untuk lebih peduli kepada alam yang kita miliki .Mohon maaf jika terdapat banyak kesalahan atas penulisan yang saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan sedikit menggerakan hati teman-teman pembaca untuk lebih peduli kepada Indonesia yang merupakan tanah air tercinta kita ini. Akhir kata saya ucapkan terima kasih. Wabilahitaufikwalhidayat Wass.Wr.Wb.



DAFTAR PUSTAKA


No comments:

Post a Comment