SOLUSI UNJ UNTUK PARIWISATA
INDONESIA
Assalamualaikum wr.wb pada
kesempatan kali ini saya Nurdiana Safitri dari Usaha Jasa Pariwisata 2014 kelas B akan sedikit bercerita mengenai
beberapa permasalahan yang kita alami dan solusi menangani sedikit demi sedikit
masalah pariwisata yang kita miliki. Karena hal tersebut patut kita pikirkan
mengingat kita sebagai bangsa Indonesia dan terlebih lagi mahasiswa program
studi Usaha Jasa Pariwisata yang wajib terjun dalam permasalahan-permasalahan
yang bergelut dalam bidang pariwisata. Pengertian Pariwisata itu sendiri kegiatan yang dilakukan untuk berpergiaan
selama beberapa waktu tujuannya untuk berkeliling atau berwisata
atau bisa di bilang pariwisata juga merupakan suatu kegiatan
yang berhubungan dengan perjalanan rekreasi. Sedangkan pengertian secara umum
pariwisata merupakan suatu perjalanan yang dilakukan seseorang untuk sementara
waktu yang
diselenggarakan dari suatu tempat ketempat lain dengan meninggalkan tempat
semula dan dengan suatu perencanaan atau bukan maksud mencari nafkah di tempat
yang dikunjunginya, tetapi semata mata untuk menikmati kegiataan pertamasyaan
atau reakreasi untuk memenuhi keinginan yang beraneka ragam dari para wisatawan.
Pariwisata
di Indonesia merupakan
sektor ekonomi penting di Indonesia. Jadi dapat di tarik
kesimpulan tidak hanya mencintai negeri yang kaya ini namun juga kita patut
untuk meneruskan dan melestarikan pariwisata sebagai salah satu hal yang
melekat pada bangsa ini. Tentu nya ada
terbesit beberapa hal yang ingin kita realisasikan dalam menangani masalah
pariwisata di Indonesia, mungkin dalam kesempatan kali ini saya di perizinkan
untuk menulis dalam blog atas aspirasi yang saya punya dan maaf jika sekira nya
solusi yang saya berikan kurang dapat berkenan bagi pembaca. Seperti yang kita
ketahui sebelumnya ”PESONA INDONESIA” merupakan slogan yang kita miliki yang
menandakan betapa menakjubkan nya keindahan alam Indonesia yang kita punya. Indonesia
memiliki ratusan bahkan ribuaan destinasi wisata yang tiada habisnya dan
memiliki keunikan yang berbeda dan istimewa dari yang lain. Alam yang tidak ada
habisnya,hasil panen yang gemaripah lojinawi,masyarakat yang ramah-tamah dan
saling bergotong royong, warisan budaya yang kaya,dan keindahan eksotika negri
ibu pertiwi yang membuat semua mata takjub memandanginya, membuat Indonesia
menjadi salah satu tujuan negara yang tepat untuk mengexplore hasil alam yang
di ciptakan tuhan yang cocok untuk di kunjungi dan dijadikan alasan melepas kepenatan
dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Maka dari itu sudah menjadi kewajiban
kita,untuk bukan hanya menjaga tapi juga melestarikan hasil alam maupun budaya
yang kita miliki.
Dalam melestarikan budaya maupun kekayaan alam yang kita miliki pasti ada
saja masalah-masalah yang datang menghampiri. Seperti apakah masalah-masalah
itu? Saya akan mengambil beberapa masalah yang menurut saya menarik untuk kita
bahas dalam kesempatan kali ini. Yang jika kita selesaikan dengan baik kita
dapat membantu memajukan Pariwisata di Indonesia. Contoh garis besar yang
menjadi penghambat kemajuan pariwisata di Indonesia yaitu : 1. Sarana Prasarana
2. Sumber Daya Manusia 3. Komunikasi dan Publisitas 4. Mindset Turis Asing 5. Pemberitaan Miring Media
Hal itu
dikemukakan Menparekraf Mari Elka Pangestu dalam seminar Gabungan Industri
Pariwisata Indonesia (GIPI) bertajuk 'Geo Politik Pariwisata Indonesia 2014
dalam Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015' di Merlynn Park Hotel, Jl KH
Hasyim Ashari, Jakarta Pusat.
1. Sarana dan prasarana
Jika kita mengulik ke masalah Pertama adalah sarana & prasarana. Sarana dan prasarana
membuat menurunnya juga para pengunjung wisata di indonesia dikarenakan kurangnya kualitas
fasilitas yang lengkap. Di tambah lagi dengan kurangnya komunikasi yang baik.
Membuat pengunjung yang pernah datang tidak merasa nyaman atas fasilitas yang
destinasi tersebut miliki,maupun pelayanan yang di berikan walaupun merupakan
destinasi yang baik dan recomended untuk di kunjungi. Termasuk permasalahan
yang harus segera di selesaikan dan tidak boleh ada persoalan semacam ini
karena hanya karena sebuah fasilitas dapat merusak nama baik sebuah destinasi.Hal
yang menyebabkan kurangnya sarana dan prasarana mungkin karena kurang di
perhatikan dan dipikirkan lebih matang dan minim nya dana yang dimiliki
pengelola dan pemerintah untuk memperbarui kerusakan atau kecacatan fasilitas
yang tersedia. Serta manajemen pelayanan yang tersedia.
Solusi dalam hal ini
kita membutuhkan orang-orang yang profesional untuk mengatur perjalanan pengunjung,
bidang transportasi yang cukup memadai dan memiliki manajemen ketepatan
waktu sesuai yang telah diatur, juga penginapan yang cukup bagus dengan
fasilitas yang sangat lengkap sehingga pengunjung pun merasa nyaman untuk
menetap dan merasakan sebuah destinasi wisata yang istemewa. Pelayanan harus
lebih di perhatikan karena merupakan kunci utama mengundang pengunjung untuk
datang kembali karena pelayanan merupakan hal penting dalam bidang pariwisata,
atau bisa di bilang hal utama bagaimana pengunjung dapat datang tidak hanya
sekali ke sebuah destinasi wisata melainkan berkali-kali. Begitupun fasilitas
mungkin pemerintah harus lebih peka dalam memberikan anggaran dana demi
keberlangsungan sebuah destinasi dalam membuat pengunjung nyaman akan baik nya
suatu fasilitas yang tersedia. Karena tidak di pungkiri salah satu pemasukan
terbesar negara di pegang oleh bidang pariwisata. Jadi sudah merupakan
kewajiban pemerintah dalam pengelolaan kemajuan fasilitas di sebuah destinasi
wisata untuk pemasukan negara pada akhirnya. Karena kunci utama dalam
pariwisata adalah sarana dan prasarana dalam melangsungkan pariwisata yang
memadai dan bahkan membuat siapa saja merasakan kenyamanan.
2. Sumber Daya Manusia
Membahas masalah kedua yaitu Sumber daya manusia merupakan faktor mendasar dan strategis bagi
pembangunan suatu bangsa. Sumber daya manusia yang kuat dan berdaya saing
tinggi dalam berbagai aspek akan mendukung peningkatan pembangunan, baik di
bidang ekonomi maupun di bidang sosial dan budaya terutama di bidang
Pariwisata. Sumber daya manusia merupakan faktor mendasar dan strategis bagi
pembangunan suatu bangsa. Karena Sumber daya manusia yang berkualitas akan mendorong terciptanya
produktivitas yang tinggi yang akan menjadi modal dasar bagi keberhasilan
pembangunan perekonomian negara. Tentu menjadi
permasalahan pariwisata yang sangat penting untuk di bahas demi dapat melayani
konsumen dengan baik kita juga harus mensleksi siapa saja kah tenaga kerja yang
sekira nya dapat di percaya untuk berhadapan dengan para pengunjung atau
konsumen secara langsung membawa nama sebuah objek atau perusahaan yang
bergerak dalam bidang pariwisata
Solusi yang harus diberikan untuk
mengembangkan SDM yang baik yaitu menciptakan sumber daya manusia yang memiliki
kinerja tinggi seperti mengembangkan SDM dengan :
Nilai Kerja yang baik dengan hal tersebut
sangat memberikan pengaruh dalam memajukan pariwisata di kedepannya. Yang harus
diperhatikan yaitu kejujuran, tanggung jawab, dedikasi dan komitmen termasuk
sebagai modal dasar yang harus dipenuhi dalam memiliki tenaga kerja yang
kompeten. Karena bentuk layanan terbagi menjadi 3 yakni : layanan dengan lisan, dengan
tulisan dan perbuatan.
Semangat Kerja agar dapat menciptakan pelayanan
dengan baik seseorang dituntut memiliki dorongan yang dapat membangkitkan
kinerja kerja meningkat,yaitu dengan memiliki semangat kerja yang tinggi dan
konsisten. Karena semangat kerja yang tinggi di percaya mampu menghasilkan
kinerja yang lebih baik demi mencapai tujuan
Keterampilan Berkomunikasi
Bahasa dalam penyampaian
komunikasi akan menjadi jembatan bagi perusahaan dan konsumen. Hal ini sangat
penting untuk keberlanjutan dalam sisi sumber daya manusia kepariwisataan untuk
melayani wisatawan
Pelatihan-pelatihan
tersebut bisa di lakukan secara berkala dan terorganizier dengan baik sehingga
menghasilkan tenaga kerja yang bermutu dan kompeten. Pemerintah nampaknya juga
harus ikut turun tangan mengambil alih di dalam hal ini seperti memberikan
pelatihan-pelatihan kepada calon tenaga kerja baru yang akan berpengaruh
terhadap kemajuan pariwisata dari segi sumber daya manusia nya. Bila dikaitkan
dengan program studi kita Usaha Jasa Pariwisata yang berdiri di Universitas
Negeri Jakarta menurut saya program kita membentuk mahasiswa nya untuk menjadi
sumber daya manusia yang memiliki kinerja tinggi,dan baik sebagai pelaku di bidang pariwisata. Yang basicly program studi
kita menjadi seorang tour guide pelaku utama yang di tuntut memiliki sikap yang
baik dalam mengerjakan pekerjaan nya karena berhadapan langsung kepada konsumen
secara langsung, serta tanggung jawab yang besar yang pada dasar nya program
studi kita juga berkaitan menjamin dalam membentuk kepribadiaan sumber daya
manusia bagi kelangsungan pariwisata di masa mendatang, Karena sudah menjadi
kewajiban kita untuk melayani sebaik mungkin dalam industri Pariwisata.
3.
KOMUNIKASI & PUBLISITAS
Masalah
selanjutnya adalah masalah komunikasi dan publisitas. Demi kemajuan pariwisata di Indonesia, di
butuhkan nya komunikasi yang baik antara pengelola destinasi wisata kepada para pengunjung di masa mendatang
bukan hanya informasi dari pemerintah saja yang wajib di komunikasikan dengan
baik, dalam pengenalan destinasi wisata kepada dunia luar masyarakat juga perlu
mempublikasikan seperti apa destinasi wisata yang kita miliki. Bagaimana dapat
turis asing mengenal destinasi dan komunikasi dan tanpa ada nya publisitas jika
minim nya hal-hal tersebut.
Solusi yang dapat kita lakukan dalam hal tersebut tentunya mempublikasikan
kepada bangsa asing tidak hanya lewat media massa,dan acara tv magazine dan
social network saat ini, hingga dengan menulis blog dan memposting indahnya
“pesona Indonesia” yang kita miliki sehingga pelaku asing dapat mengenal satu
per satu destinasi yang kita miliki yang mendatangkan turis turis mancanegara
dan menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi pemasukan negara. Tidak hanya itu
pemerintah juga harus selalu memberikan informasi dan pengenalan atas budaya
dan alam yang kita miliki kepada dunia luar, maka informasi yang disebarkan oleh pemerintah
dapat tersebar luas ke seluruh negeri ini bahkan mata dunia pun akan bisa
melihat destinasi-destinasi yang ada di Indonesia. Hal itu akan membuat banyak
wisatawan asing yang tertarik untuk datang ke Indonesia. Membahas mengenai Universitas Negeri
Jakarta khususnya program studi
pariwisata, kini setelah adanya social
media kita dapat dengan mudah memberi tahukan kepada dunia mengenai kekayaan
alam yang kita miliki, Apalagi kita merupakan jurusan pariwisata yang sudah
melekat kepada kita untuk dapat membanggakan dan melestarikan apapun jenis
hasil alam yang kita miliki dibarengi kita memiliki kegiataan biasa mengunjungi
beberapa destinasi wisata di Indonesia seperti pada pengalaman-pengalaman
sebelumnya. Setelah nya kita dapat
memotret dan memposting agar semakin banyak pengunjung yang tertarik mendatangi
destinasi wisata tersebut.
1. MINDSET TURIS ASING
Salah satu masalah yang kita alami kali ini,kebanyakan
turis asing datang hanya untuk
menikmati pesona alam yang kita miliki atau sekedar menghitamkan kulit padahal
banyak hal yang dapat di explore di negeri tercinta kita ini, Sehingga daya
minat ia datang tidak hanya untuk menikmati alam saja dalam melepas
penat,mengapa kita tidak mengembangkan mindset mereka untuk mengexplore lebih
banyak warisan nenek moyang yang sangat unik dan beragam untuk di pelajari dan
pastinya sulit untuk di temukan di berbagai pelosok dunia karena menjadi ciri
khas bangsa kita
Solusi nya yaitu ubah trend dari mass tourism menjadi
responsible tourism. Trend wisatawan cukup senang berkunjung beramai-ramai ke
suatu tempat hanya untuk sekedar berfoto, menjadi berkulit gelap akibat mandi
matahari harus diubah, libatkan turis dengan melihat dan mempelajari museum, galeri seni, membatik, kerajinan tangan
dan sebagainya, mereka kemudian mengubah tujuannya untuk
mencoba memahami budaya setempat, kemudian menjadi suatu kebanggaan bagi para
wisatawan itu sendiri. Workshop dan kolaborasi seni menjadi bagian penting dari
proses ini sehingga komunitas pun akan tetap hidup walaupun wisatawan
meninggalkan tujuan wisatanya. Serta Turis asing akan lebih mengenal Indonesia bukan
hanya kaya akan alam yang gemaripah lojinawi namun juga istimewa nya budaya dan
tentu nya hasil karya anak bangsa yang memiliki seni tinggi yang tidak ternilai
harga nya. Semua rekan-rekan staff pengelola destinasi wisata tersebut harus
sudah bekerja dengan baik menata segala jenis hasil budaya yang dapat di
promosikan kepada turis mancanegara, dengan keunikan masing-masing destinasi
yang pasti nya tidak akan di temukan di destinasi lain nya. Melambangkan
keberagaman dan kekayaan Indonesia yang ciri khas nya tidak hanya satu icon
namun beragam icon sehingga para traveller asing yang ingin datamg merasa
penasaran akan hasil karya dan budaya seperti apa laghi yang akan mereka
temukan di destinasi wisata berikutnya
Dikaitkan dengan mahasiswa
Universitas Negeri Jakarta khusus nya program studi kita Usaha Jasa Pariwisata yang
menjadi pelaku utama yang berhubungan langsung dengan para traveller
(pengunjung destinasi wisata) kita dapat mengenalkan kepada mereka secara
langsung seperti apa tata cara pembuatan batik, tenun,kerajinan, dan berbagai
peninggalan sejarah maupun budaya kepada mereka karena merupakan tugas kita
sebagai tour Guide untuk memberikan mereka informasi secara mendetail mengenai
keseluruhan yang terkait dalam sebuah destinasi wisata. Pengenalan budaya dan
menjual hasil karya anak bangsa dan di pamerkan ke mata dunia terutama. Atau
ajang promosi yang hasil nya dapat langsung masuk ke pendapatan negara maupun
pemasukan masyarakat di destinasi wisata setempat untuk pengelolaan atau modal
kembali. Selain mendapat untung dari segi ekonomi kita juga dapat memamerkan
keunikan budaya yang kita milikinke mata dunia yang terpampang jelas buatan
asli Indonesia
2. Pemberitaan media yang berlebihan
Banyak yang sedang berlangsung saat ini
tersebar melalui pemberitaan media tv yang memberitakan mengenai keburukan
negeri kita dan kekerasan yang ada maupun terorisme yang telah merajalela, yang
membuat orang-orang di luar sana berfikir buruk akan keadaan negeri kita walaupun
hal tersebut tidak menitik beratkan pada keburukan alam atau budaya namun,
secara tidak langsung berkaitan satu dengan lainnya karena hal tersebut masuk
dalam jajaran fenomena hal yang ada di negeri kita ini yang dapat membuat turis
asing enggan atau bahkan merasa tidak nyaman datang ke Negeri kita Indonesia,
Tugas kita seharusnya adalah membawa mereka datang untuk menikmati destinasi
wisata yang kita miliki sebagai devisa negara bukan malah menjauhkan mereka
untuk berkunjung ke negara kita.
Solusi yang dapat kita tangani akan hal ini
yaitu pemerintah sudah harus membuat undang-undang mengenai penyaringan berita
media ke luar atas apa yang terjadi pada negara, ada berita yang seharusnya
dapat di jaga sehingga tidak merugikan pihak lain seperti pariwisata kita, yang
akhirnya dapat merugikan pemasukan negara. Masyarakat juga setidak nya harus
ikut membantu meredam kan kehebohan yang terjadi, yang pada kenyataanya tidak
terlalu mengerikan seperti yang di beritakan di media. Tidak mudah membocorkan
rahasia negara di mata dunia karena akan berdampak langsung dalam berbagai
aspek. Sebagai Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta dalam program Studi Usaha
Jasa Pariwisata kita harus dapat meyakinkan para turis mancanegara bahwa berita
yang tersebar tidak benar adanya, dan meyakinkan mereka bahwa negeri kita aman
dan damai seperti contoh postingan yang dapat kita perlihatkan ke dunia luar
melalui media sosial sebagai seseorang yang bergerak di bidang Pariwisata. Dan
dapat membalikan keadaan membuat mereka takjub melihat pesona Indonesia yang
kita miliki yang tentu nya negeri yang kaya yang tidak akan mereka temukan
keindahannya di tempat lain.
KESIMPULAN
Jadi seperti itulah ulasan masalah dan solusi yang dapat
saya bahas dalam kesempatan kali ini, saya harap kita sebagai warga Indonesia
yang beruntung memiliki negeri indah nan kaya ini mau untuk bersama membangun
kemajuan pariwisata kita, yang tidak ada rugi mya jika kita kembangkan malah
membuat kita semakin merasa bangga dan mencintai negeri kita ini, Mari mulai
dari saat ini untuk memperhatikan dan membenarkan beberapa hal yang negatif dan
mengganjal demi keberlangsungan pariwisata kita di masa depan, apalagi bagi
kita generasi muda yang masih memiliki kesempatan dan waktu luang untuk lebih
mengenal alam yang kita miliki yang di jaga dan di wariskan oleh nenek moyang
kita yang telah Tuhan ciptakan untuk kita nikmati dan tentu nya kita pelihara jika
tidak dimulai dari sendiri lalu siapa lagi yang akan berusaha memajukan
keberlangsungan pariwisata demi alam kita di masa mendatang tersebut . Saya sangat bangga dan
merasa sangat bersyukur dapat dilahirkan sebagai anak negeri yang tiada berenti
mengucap syukur atas Indah nya Negeri yang berlimpah ini. Saya berharap tidak
hanya saya yang dapat melihat dari sisi ini dari lebih dekat tetapi juga
teman-teman pembaca untuk lebih peduli kepada alam yang kita miliki .Mohon maaf
jika terdapat banyak kesalahan atas penulisan yang saya sampaikan. Semoga dapat
bermanfaat dan sedikit menggerakan hati teman-teman pembaca untuk lebih peduli
kepada Indonesia yang merupakan tanah air tercinta kita ini. Akhir kata saya
ucapkan terima kasih. Wabilahitaufikwalhidayat Wass.Wr.Wb.
DAFTAR PUSTAKA
No comments:
Post a Comment