Monday, January 4, 2016

Solusi UNJ Untk Masalah Pariwisata Indonesia



Alternatif Pengembangan Bus City Tour Jakarta

Bidang kepariwisataan di Indonesia terus mengalami perkembangan, namun dalam perkembangannya banyak masalah yang muncul,dan harus dihadapi serta dicari solusinya demi perkembangan pariwisata selanjutnya. Semua hal yang sudah tersedia itu harus dijaga dan dikembangkan sehingga dapat bermanfaat . namun pada kenyataannya masih banyaknya hal-hal yang kurang seperti fasilitas yang kurang memadai, sarana dan prasarana yang sangat minim, serta informasi tentang objek wisata yang sangat kurang sehingga para wisatawan domestik maupun mancanegara kurang mengetahui informasi mengenai objek wisata yang ada diIndonesia. Masyarakat kita juga kurang sadar akan menjaga lingkungan disekitar daerah wisata  agar tetap terjaga kebersihan dan keasriannya. Selain itu akses menuju tempat wisata juga sangat minim, bukan hanya karena jalan menuju  tempat wisata yang kurang memadai ., tetapi juga tidak adanya sarana transportasi yang menuju kesana. Sehingga wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju kesana.  Sesuai  Keppres No. 38 Tahun 2005 mengamanatkan bahwa seluruh sektor harus mendukung pembangunan pariwisata . tentu mulai sektor pemerintah sampai dengan sektor swasta harus saling bekerjasama untuk mengembangkan kepariwisataan di Indonesia.

Indonesia terkenal kaya akan Sumber Daya Alamnya. Mulai dari hewan sampai tumbuhan. Dan yang lebih menarik lagi Indonesia kaya akan budaya . mulai dari sabang sampai merauke setiap daerah memiliki ciri khas budayanya masing-masing.dan setiap budaya memiliki nilai budaya masing-masing mulai dari adat istiadat,tari daerah,makanan khas, pakaian adat, dan bahasa. seperti wayang kulit dari jawa, ondel-ondel dari Jakarta,tari Tor-Tor dari Sumatra dan masih banyak lagi. Semua keragaman itu menjadi  faktor pendukung untuk perkembangan pariwisata. Serta keunikan-keunikan yang terdapat dalam kebudayaan disetiap daerahnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Belum lagi, peninggalan-peninggalan bersejarah yang terdapat disetiap daerah di Indonesia dapat menjadi sarana edukasi   untuk masyarakat sekitar daerah maupun luar daerah. Seperti yang terdapat di kota  Jakarta banyak bangunan bersejarah antara lain Monas,  Museum Nasional, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, dan masih banyak lagi.
Ada sebuah program yang dibuat untuk berkeliling kota Jakarta,untuk melihat- lihat yang ada disekitar kota Jakarta seperti Monas, Museum Nasional dan lain sebagainya. Namun karena keterbatasan armada bus,dan ketidaktahuan wisatawan akan bus tersebut .Membuat Bus City Tour ini tidak berkembang secara maksimal, bahkan sempat masyarakat mengira bahwa bus ini sudah tidak beroperasi lagi. Sungguh sangat disayangkan bukan? Padahal Bus ini dapat menarik minat wisatawan domestic maupun  mancanegara .karena dengan menaiki Bus ini mereka akan dibawa melihat-lihat serta berkeliling kota Jakarta.
Sejak akhir februari lalu, dijakarta sudah ada program City Tour dengan Bus tingkat wisata.
Untuk tempat naik dan turun Bus City Tour adalah:
1.Halte Bundaran HI
2. Halte Museum Nasional
3. Halte Masjid Istiqlal
4. Halte Monas
5. Halte Balai Kota
Jam operasional bus wisata adalah sebagai berikut :
Senin-sabtu :09.00-19.00
Minggu : 12.00-19.00

Untuk hari kerja senin-jumat bus wisata ini akan berhenti disetiap halte yang telah disebutkan diatas. Akan tetapi di hari sabtu, minggu atau libur, bus wisata ini hanya akan berhenti dihalte tertentu.
Contohnya:
Dihalte monas khusus untuk menaik turunkan di halte tersebut saja dan tidak berhenti dihalte lainnya. Sedangkan bus yang melayani halte museum nasional akan dibagi penumpangnya dengan halte Balai Kota dan juga Halte Masjid Istiqlal, yaitu 30 penumpang dari halte Museum Nasional, 15 penumpang dari halte Masjid Istiqlal  dan 15 penumpang dari halte Balai Kota. (meskipun pada kenyataannya praktek dilapangan sulit sekali memberlakukan aturan tersebut  dikarenakan banyaknya calon penumpang).
Rute bus nya adalah dari halte Monas ( Jl. Medan Merdeka Barat), bus berbelok memasuki  Jalan Medan Merdeka Selatan kemudian memutar balik melewati Balai Kota Jakarta. Bus akan berbelok masuk kejalan MH Thamrin menuju Bundaran Hotel Indonesia, memutar dan kembali menuju kea rah utara, memasuki  Jalan Medan Merdeka Barat melewati Museum Nasional , menuju jalan Majapahit dan akan berbelok ke Jalan Ir. H. Juanda melewati Pecenongan , Jalan Veteran, Jalan Pos, Passar Baroe, Berbelok didepan Gedung Kesenian Jakarta (GJK), melewati lapangan Banteng, kemudian berbelok kearah Jalan Veteran 3, melewati Istana Merdeka kemudian masuk ke Jalan Medan Merdeka Utara dan dan Kembali ke  Jalan Merdeka Barat, dan berakhir di Halte Monas.
Suasana di bus dapat dibilang sangat nyaman dilengkapi dengan pendingin ruangan yang cukup terasa sejuknya, tempat sampah , mikrofon untuk pemandu & pengeras suara untuk mendengar cerita dari petugas pemandu wisata.
Jumlah armada bus wisata yang masih sedikit sekali, yaitu hanya ada 5 bus, menjadikan masa tunggu kedatangan bus menjadi lama, yaitu 45-60 menit. Kapasitas bus wisata ini adalah 60 orang dan hanya diisi sesuai kapasitas tanpa ada penumpang yang berdiri.
Disetiap halte terdapat 1 orang petugas yang bertugas memberikan info kepada para calon penumpang sekaligus mengatur naik turunnya penumpang supaya tertib.    

MASALAH
Dikutip dari sebuah website http://m.tempo.co/read/news/2015/04/15
“TEMPO.CO, Jakarta- Gubernur DKI Jakarta  Basuki Tjahaja Purnama mengatakan pengoperasian bus tingkat pariwisata city tour Jakarta bermasalah. Ia berujar, saat ini hanya dua dari lima unit bus yang beroperasi. “bus itu mulai bermasalah” kata ahok , dibalai kota, rabu 15 april 2015.
Laporan yang diterima ahok menyatakan tiga unit bus tersebut rusak. Namun ahok menyangsikan laporan itu lantaran lamanya waktu yang dibutuhkan hingga ketiga bus itu beroperasi kembali. Terlebih ia melanjukan bus itu baru beroperasi sekitar setahun lalu, yakni sejak  24 februari 2014.
Bus pariwisata asal cina bermerek weichai itu dibeli melalui tender pada januari 2014. Ahok menyayangkan rusaknya bus yang satu unitnya bernilai Rp.3,3 miliar itu. Menurut Ahok , bus itu hanya lebih murah Rp. 200 juta dibanding bus Mercedes-Benz yang dihibahkan Tahir Foundation  ke DKI. Ahok mengatakan bus hibah itu belum bisa beroperasi untuk menggantikan bus yang ada lantaran tidak lulus dalam uji tipe bus tingkat di kementrian Perhubungan.ia menjelaskan, bus hibah tersebut mengunakan sasis atau rangka utama yang diproduksi oleh Mercedes-Benz. Adapun proses perakitannya dilakukan di PT.Karoseri Nusantara Gemilang di Kudus, Jawa Tengah. Kementrian mempermasalahkan sasis truk yang digunakan pada bus tersebut. Ahok mengatakan pengadaan bus selanjutnya harus mengutamakan bus bermerek ternama. Ia tak mempermasalahkan jika harganya lebih mahal “kalau kita miskin, kita harus beli barang yang lebih mahal supaya awet “ujar Ahok.”
Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa dari awal mulai pengoperasian bus tersebut, sudah terdapat masalah.hanya karena ingin membeli bus yang lebih murah, mengakibatkan  operasi  Busnya terhambat karena Busnya tidak dapat beroperasi dengan baik. Lebih baik membeli dengan harga yang lebih namun kualitas barang yang dibeli terjamin, sehingga tidak ada kendala ketika diopeasikan. Jika begini, bus tersebut hanya dibiarkan tanpa ada tindakan lnjut terhadap bus tersebut. saya setuju dengan ucapan ahok yang mengatakan “ pengadaan bus selanjutnya harus mengutamakan bus merek ternama, dan tidak mempermasalahkan jika harganya lebih mahal”. Seperti yang telah saya katakana diatas lebih baik membeli dengan harga yang lebih namun kualitas barang yang dibeli terjamin.

SOLUSI
Menurut saya Bus City Tour ini merupakan salah satu sarana pariwisata untuk mengundang minat para wisatan domestik maupun mancanegara  ke kota Jakarta. Dengan menaiki Bus City Tour ini diharapkan wisatawan yang tidak tahu harus memulai berjalan dari mana untuk mengelilingi kota Jakarta dapat diantar oleh Bus City Tour ini Namun sangat disayangkan karena minimnya armada Bus yang ada membuat pengoperasian Bus terhambat. Jika memang pemerintah kekurangan dana untuk mengoperasikan Bus ini. Mengapa Bus ini dioperasikan secara gratis. Bisa saja dengan para wisatawan dipunguti tarif yang relatif terjangkau untuk semua kalangan. Namun mereka juga menikmati fasilitas yang memadai dan sesuai dengan apa yang mereka bayar. Kemudian dana tersebut dapat dipakai untuk mengembangkan pengoperasian bus. Kemudian melengkapi bagian lainnya, seperti penjaga dihalte Bus, kemudian Pemandu Wisata di dalam Bus. Sungguh sangat tidak mengenakkan pula,jika kita berkeliling tetapi tidak mengetahui apa saja yang kita lihat, dan apa sedang berada dimana kita sekarang. Pemandu wisata sangatlah berfungsi dengan adanya pemandu wisata pengunjung dapat mengetahui sejarah kota Jakarta, jalan-jalan yang dilewati, ataupun bangunan-bangunan yang dilewati selama berkeliling menggunakan Bus City Tour. Pemandu wisata juga bisa mempromosikan berbagai tempat  menarik yang dapat dikunjungi oleh mereka selama berwisata di Kota Jakarta, memperkenalkan budaya di jakarta, seperti kesenian yang diantaranya terdapat tari topeng betawi dan tari cokek betawi,ondel-ondel ,lenong dan kebudayaan lainnya  yang ada di Kota Jakarta.

Apalagi semakin berkembangnya zaman dan globalisasi kebudayaan yang terdapat di kota Jakarta semakin tidak terlihat, tertutup dengan gemerlap kota metropolitan,.

Dengan slogan “Enjoy Jakarta” seharusnya wisatawan benar-benar menikmati kota Jakarta melalui kebudayaan ,wisata kuliner, wisata sejarah . maka dibuatlah sebuah jadwal kegiatan beserta tempat-tempat pertunjukannya untuk para wisatawan . sehingga para wisatawan yang benar-benar ingin menikmati kota Jakarta dapat mengunjungi tempat-tempat yang sudah diinformasikan. Tidak lupa juga beserta akses jalan dan sarana transportasi apa saja yang dapat digunakan untuk menuju kesana. Misalnya terdapat pertunjukan teater di Taman Ismail Marzuki. Sebelum para wisatawan turun dari Bus pemandu menginformasikan bahwa ada pertunjukan teater di Taman Ismail Marzuki yang bisa anda saksikan pada pukul sekian misalnya, untuk menuju kesana anda bisa misalnya menggunaka kereta, atau angkutan umum sehingga para wisatawan dapat dengan mudah menuju kesana. Di sisi lain ini juga membantu  mengembangkan kreatif para seniman dan budayawan dalam megembangkan kesenian dan kebudayaan di kota Jakarta. 
Agar masyarakat dan para wisatawan mengetahui keberadaan Bus City Tour ini bisa dibuat papan iklan yang dipasang di Bandara, Stasiun ataupun terminal di sekitar Jakarta sehingga para wisatawan dapat mengetahui keberadaan Bus City Tour ini.
Selanjutnya buatlah pengembangan program Bus City Tour ini. Misalnya membuat program tour yang khusus mengahantarkan wisatawan ke tempat-tempat wisata kuliner untuk mencicipi makanan khas kota Jakarta  seperti kerak telor, nasi uduk, nasi ulam, gado-gado, semur jengkol,laksa betawi, soto betawi dan lainnya,kemudian ke tempat-tempat yang dimana disana wisatawan dapat mengetahui kebudayaan di Jakarta , misalnya belajar membatik di museum tekstil,serta memperkenalkan budaya lainnya seperti bela diri, kesenian ondel-ondel, lenong, kesenian music gambang kromong, tanjidor, atau seni tari seperti tari topeng dan dan tari cokek betawi. Serta wisata sejarah ketempat-tempat seperti Pelabuhan Sunda Kelapa yang terletak di muara sungai ciliwung merupakan pelabuhan tertua di Indonesia yang telah melakukan aktifitas perekonomian sejak zaman Hindu Pajajaran abad 14 dan masih tetap berjalan hingga sampai saat ini,Museum Bahari yang berada di pasar ikan No.1 yang letaknya tidak terlelau jauh dari Pelabuhan Sunda Kelapa yang menempati gedung tua bekas benteng Cuylenburg yang dahulunya merupakan gudang rempah-rempah VOC dan dibangun tahun 1652. Dimana disini wisatawan dapat melihat  berbagai model perahu dan kapal tradisional Indonesia seperti kapal perang dari Maluku “Kora-Kora” perahu layar tiang panjang dari Bugis “phinsi” dan juga “sarkopagus”yaitu kuburan yang berbentuk perahu dari suku batak, Museum Sejarah Jakarta yang berada di Jalan Taman Fatahillah No.  yang awalnya merupakan gedung balai kota (staadhuis) pertama dibatavia yang dibangun pada tahun 1627, Museum Proklamator yang terletak di halaman gedung perintis kemerdekaan, jalan proklamasi No.56 yang semula merupakan rumah kediaman Ir. Soekarno presiden RI pertama, Museum Nasional yang gedungnya dibangun oleh sebuah lembaga ilmu pengetahuan Bataviasche pada tahun 1778, dan terletak di Jalan Merdeka Barat No.12.  museum ini menyimpan 109.342 koleksi benda budaya. Serta didepan gedung ini terdapat sebuah patung gajah yang terbuat dari perunggu hadiah dari raja Chulalongkorn dari Siam (Thailand) saat mengunjungi Batavia pada tahun 1871, dan masih banyak lagi.

Semoga tanggapan dari saya mengenai masalah tersebut dapat bermanfaat.

DAFTAR PUSTAKA



Izdni Mariah Sabilla
NIM: 4423143972
Usaha Jasa Pariwisata UNJ 2014 (B)
Email: mariahizdni@gmail.com

No comments:

Post a Comment