Monday, October 5, 2015

Tugas-1 Suka Duka Menjadi Pemandu Wisata



Pengalaman Menarik Menjadi Seorang Pemandu Theme Park 

Perkenalkan nama saya Aprilia Intan Permata Sari, saya biasadi panggil dengan nama Intan, saya lahir dibandung tanggal 06 April 1996, saya adalah anak ketiga dari 5 bersaudara. Pada saat ini saya adalah mahasiswa  dari Universitas Negeri Jakarta Program Studi Usaha Jasa Pariwisata angkatan 2014. Sebelumya saya ingin mengucapkan pujin dan syukur atas kehadirat Allah SWT atas segala Rahmat dan karunia yang telah diberikan kesempatan kepada saya sehingga saya bisa menyelesaikan tulisan ini tepat pada waktunya.
Sebagai mahasiswa program studi Usaha Jasa Pariwisata ini saya lebih difokuskan pada pembelajaran mengenai bagaimana menjadi seorang Pemandu Wisata, mungkin banyak orang yang tidak terlalu faham mengenai pemanduan wisata. sebelumnya saya pun tidak pernah berfikir untuk menjadi pemandu wisata atau bercita-cita untuk menekunin tentang apa itu pemanduan. Tetapi setelah saya memasuki dunia perkuliahan di Universitas Negeri Jakarta Progam Studi Usaha Jasa Pariwisata ini banyak hal yang saya dapatkan dalam menjadi seorang tour guide atau Pemandu Wisata. Dari sinilah saya tertarik dan  penasaran untuk mempelajarinya.



Pengalaman pertama saya di mulai menjadi Pemandu Wisata adalah pada saat saya memasuki perkuliahan di semester 1. Saat itu Progam Studi mengadakan study tour ke museum Geologi Bandung. Disini saya menjadi Pemandu wisata didalam museum Geologi tersebut. Saya menceritakan tentang isi perut bumi. Awal mulanya saya begitu gerogi dan blank saat berbicara dihadapan teman-teman saya. Saya tidak menyangka akan menjadi Pemandu dan bercerita di hadapan orang banyak.  Dari pengalaman inilah saya mulai mengerti bagaimana rasanya menjadi seorang pemandu wisata di dalam museum. Tidak hanya itu saya juga menggambil banyak pembelajaran sebagai pemandu wisata dari senior-senior yang terlebih dahulu yang menjadi pemandu didalam  bus saat perjalanan ke museum geologi.

Museum Geologi itu sendiri merupakan sebuah museum yang sudah menjadi bangunan bersejarah dikota bandung. Banyak sekali wisatawan yang datang berkunjung ke museum ini baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Museum ini dibangun pada tanggal 16 mei 1928, sempat direnovasi dengan dana bantuan dari jepang sehingga saat tetap dalam kondisi baik sebagai tempat wisata yang banyak dikunjungin dibandung.
museum geologi ini juga sering menjadi tempat study tour sekolah-sekola. Hal ini dikarenakan koleksi-koleksi dimuseum ini sangat berguna untuk pendidikan serta mempunyai nilai-nilai sejarah kehidupan dan pelestarian alam yang sangat mendidik. Cobtoh Koleksi yang dimiliki museum geologi yaitu bebatuan,fosil, dan mineral. Terdapat juga pembelajaran yang berhubungan dengan bencana alam,bumi, pemanfaatan sumberdaya dengan benar,cara mengolah energi, dan lain-lain.

(Gambar 1. saat saya memandu di Museum Geologi)
Karena kesempatan saat ini saya membahas tentang isi perut bumi. Mengenai bumi ini terdapat di ruang sayap barat museum geologi atau yang dikenal sebagai ruang geologi indonesia.
sedikit informasi untuk tiket masuk museum geolgi harganya Rp.3000/org dan museum ini dibuka setiap hari kecuali hari jumat dan hari libur nasional, dibuka pada jam08.00-16.00 dan sabtu minggu dibuka pada jam 08.00-14.00.

Pada ruang geologi wisatawan akan diberitau bagaimana proses terbentuknya bumi  hingga menjadi seperti sekarang. Serta aneka jenis bebatuan yang berada didalam perut bumi. Diruang inipun masih sama dilantai 1 terdapat pengetahuan mengenai sistem tata surya, kumpulan fosil dinosaurus, hingga kumpulan danau yang dikemas begitu menarik dan tidak membuat bosan pengunjung.

(Gambar 2. Foto bersama mahasiswa UJP 2013 dan UJP 2014)

Sayapun mendapatkan pengalaman yang tidak kalah menarik dalam menjadi seorang pemandu wisata yaitu pemandu di sebuah Theme Park. Pengalaman ini juga merupakan praktek kerja lapangan saya pertama kalinya di dunia Usaha Jasa Pariwisata. Disini saya mendapatkan Posisi sebagai Marketing Communication ( Marccomm). diposisi ini saya ditugaskan untuk memegang sosial media dari sebuah theme park, theme park yang saya tempati untuk pelaksaaan Praktek Kerja Lapangan( PKL)  adalah destinasi wisata Theme Park Jungle Land . Letak wisata Theme Park  Jungleland ini berada  di sentul city Bogor Jawa Barat. Theme Park ini terluas di Asia. Akses menuju jungleland theme park, Dimana jika naik mobil pribadi bisa melalui jalur tol kemudian masuk lingkar dalam arah Bogor, lalu lurus terus hingga menemukan plang yang bertuliskan Sentul Selatan untuk keluar tolnya, setelah keluar tol, belok kiri lurus saja mengikuti jalan, nanti disepanjang jalan ada penujuk arah untuk sampai ke tempat wisata Jungle Land. Jika tidak memiliki mobil pribadi bisa memakai kendaraan umum, yaitu dari terminal Rawamangun naiklah  Trans Jakarta jurusan Rawamangun-Bubulak Bogor, kemudian turun di Bellanova dari Bellanova akan ada mobil dari Jungleland yang akan mengantarkan anda untuk ke jungleland, mobil tersebut Free(tidak dipungut biaya) pukul 09.00-16.00. Ciri-ciri mobil tersebut memiliki stiker jungleland di mobilnya.
Tidak hanya bekerja dibagian marccomm saja, tetapi saya sesekali disuruh untuk menjadi pemandu wisata untuk anak sd, saya tidak sendirian tetapi ditemani oleh rekan saya yang jauh lebih dahulu mengerti  tentang jungleland dan suka mengiringi wisatawan lain. 

Sd yang saya pandu pada saat itu adalah SD IBU DEWI 6 CIANJUR. Mereka mengadakan acara wisata  kelas 4-5-6 ke Jungleland, guna untuk merefreshingkan otak setelah UAS (Ulangan Akhir Semester). Disini saya berperan jadi pemandu wisata mereka. Saya menjelaskan dari pintu masuk jungleland hingga permainan yang ada di dalam jungleland tersebut. Dimulai dari pintu masuk yaitu area Downtown, diarea downtown tersebut terletak macam-macam rumah makan( foodcourt) dan menjual berbagai sovenir. Lanjut mengambil tiket di tiketing yang sudah disediakan oleh pihak sales jungleland dan sayapun mulai mengatur baris-berbaris agar tidak kacau atau berebut tiket untuk masuk kedalam. Setelah masuk anak-anak tersebut diminta untuk tidak berpencar dahulu karena akan diberi pengarahan dan juga brousur atau map jungleland tentang letak permainan yang ada didalam arena jungleland. Jungleland memiliki 30 wahana yang kemudian dibagi menjadi 4 zona yaitu zona Carnivalia, Tropicalia,Mysteria, dan Explora.
(Gambar 3. Murid SD yang saya pandu sedang mengantri untuk menaiki wahana)

Untuk kelas 6 dibebaskan untuk bermain sendiri, kelas 5 dipandu oleh rekan saya, dan untuk kelas 4 saya yang jadi pemandunya. Disini saya menceritakan sejarah jungleland sambil jalan menuju arena pertama yang akan kami kunjungi yaitu zona Carnivalia, di zona Carnivalia ada wahana Air Race, Disco, dan Petir. Ini adalah 3 wahana yang sangat extrime yang sangat disayangkan jika tidak menaiki wahana tersebut. 

Pertama  kami memainkan permainan Air Race Wahana ini seperti pesawat yang membawa kita terbang dan berputar 360 derajat. Banyak wisatawan yang berteriak histeris termasuk anak-anak sd yang sedang saya pandu. Begitu selesai permainan tersebut mereka sangatlah senang, ada yang pusing,mual, geli,bahkan kaki nya lemas. Tetapi mereka tidak kapok melainkan ingin mengulang permainan tersebut kembali.

lanjut kepermainan yang ada di samping Air Race, yaitu  permainan Disco. Wahana ini seperti piring yang sedang berputar diatas lempengan besi. Saat mereka menaiki wahana ini mereka berkata merasakan sensasi yang luar biasa hebatnya.
Kemudian wahan Petir, wahana ini membuat mereka terasa terlempar sampai ingin mencium langit, betapa lemasnya mereka menaiki wahana tersebut akan tetapi merasa sangat bangga karena berani menaiki wahana tersebut.
Lanjutlah kami ke yang kedua zona Explora, zona ini ada 3 macam yaitu zona Tarian Gurita, Ekspedisi Prasejarah dan Science Center. Berhubung wahana Tarian Gurita dan Ekspedisi Prasejarah belum dibuka akhirnya kami mampir ke science center, letaknya didalam Dunia Dino. Dunia dino ini adalah miniatur Dinosaurus yang diaktifkan memakai infllared, jika ada seseorang yang masuk kedalam  maka miniatur-miniatur dinosaurus akan mengeluarkan suara yang besar. Kamipun berkeliling bersama-sama. Pada saat didalam dunia dino, ada pertunjukan scien center yaitu pertunjukan dimana api besar yg ditutupi bisa jadi tinggi sambil diputar. Dari pertunjukan itu kaka penjaga memberi pertanyaan kepada wisatawan yang ada di pertunjukan itu, siapa yang bisa jawab akan diberikan hadia. Anak sd Ibu Dewi Cianjur kelas 4 ada yang bisa menjawab pertanyaan tersebut, akhirnya merekapun diberikan hadiah.
Lanjut  ke zona Tropicalia, di zona Tropicalia ini ada wahana curam jeram banyak wisata yang ingin menaiki wahana tersebut akhirnya merekapun mengantri panjang hampir 1,5 jam lamanya walau sepertinya wahana ini untuk anak kecil tetapi orang dewasapun tertarik untuk menaikinya. Sebagian dari mereka naik wahana bom-bom car yang terletak di depan wahana curam jeram. Setelah 2 jam mengantri wahana curam jeram dan bom-bom car akhirnya kamipun lanjut ke wahana ontang-anting dimana wahana ini seperti ayunan yang diangkat tinggi kemudian berputar perlahan-lahan, didepan wahana ontang-anting ada wahana harvest time yaitu permainan seperti roller coaster kecil. Mereka naik permainan tersebut dengan mengulang mengantri kembali.
Perjalanan dilanjutkan, setelah kita bermain di zona Tropicalia. Kami pun masuk dizona Mysteria yaitu dimana wahana ini terdapat mysteri nya. Sebelum memasuki wahana Mysteria kami beristirahat dahulu ditemapat yang sudah disediakan untuk makan siang karena sudah masuk jam makan siang. Anak-anak sd semua terasa sangat lapar karena sudah bermain setengah hari lamanya. Sekitar 1jam beristirahat kamipun melanjutkan perjalanan untuk menaiki wahana kembali yaitu wahana Mysteria, ada yang menaiki wahana kuala api yang bentuknya seperti kuala yang sedang dibakar keluar api lalu berputar-putar, ada juga yang menaiki wahana Sarang Burung Berang, hanya beberapa dari mereka yang berani menaiki wahana tersebut. karena wahana tersebut sangat tinggi dan bergoyang naik turun selama 2menit lamanya.
akhirnya kami pun bertemu kembali di tempat dekat-dekat wahana sarang burung berang. Kamipun berencana untuk memainkan  wahana seru yaitu wahana Perang Air. Dengan serunya kami bermain 2 perahu.  Masing-masing perahu menjadi musuh, akhirnya kami saling melemparkan air kemusuh, kelompok siapa yang paling basah merekalah yang kalah. Akhirya kelompok yang saya pandu pun menang karena isinya anak-anak yang sangat suka main tembak-tembakan. Banyak permainan yang membuat tertarik untuk memainkannya tetapi pada saat itu permainannya belum dibuka dan masih dalam proses peresmian untuk dibuka.
Hari semakin sore kamipun sudah merasa sangat lelah akhirnya kami berkumpul dan beristirahat sebentar dan mengganti bajunya yang basa setelah bermain perang air,sebelum akhirnya pulang menyelesaikan permainan ini kamipun naik wahana terakhir yaitu wahana kereta yang mengelilingi jungleland sambil duduk dan menikmati suasana sejuknya daerah pegunungan saat sore hari.  Setelah beristirahat dan turun dari permainan terakhir, wisatawan yang saya pandu pun kembali berkumpul di dwontown untuk kembali ke bus mereka masing-masing. Tidak lupa juga saya memberikan sovenir kepada mereka yang saya pandu sebagai tanda terima kasih dan kenang-kenangan. Tetapi tidak untuk semua peserta melainkan hanya guru-guru yang mmembimbing.
Sedikit informasi saja bahwa Jungleland buka pada pukul 10.00-18.00 (weekday), 09.00-20.00 (weekend) harga tiket  masuk Jungleland  sendiri weekday rp.150.000 weekend rp.200.000.
Dari melalui program praktek kerja lapangan (PKL) ini saya dapat banyak sekali pembelajaran mengenai pemanduan dan pengelolaaan sebuah tempaat wisata theme park yang mungkin belum pernah saya lakukan sebelumnya. Pengalaman menarik ini baru saya dapatkan ketika saya terjun langsung kedunia pariwisata. Saya hanyalah pemandu pemula yang masih sering mendapatkan kritikan dari wisatawan, tetapi kritikan tersebut yang membangun saya untuk terus maju dan berusaha agar menjadi pemandu wisata yang lebih baik lagi.
(Gambar 4. saat saya berada di JungleLand)

sekian pengalaman saya yang dapat saya ceritakan semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman pembaca yang ingin menjadi seseorang pemandu wisata. Terima Kasih Atas Perhatiannya.





Nama : Aprilia Intan Permata Sari / 4423143914
Prodi : Usaha Jasa Pariwisata 2014

Gmail : aprilntanntan@gmail.com

No comments:

Post a Comment