Tuesday, October 6, 2015

Tugas-1 Suka Duka Menjadi Pemandu wisata


Tugas -1 Suka Duka Menjadi Pemandu Wisata

Pengalaman Menjadi Pemandu Wisata
Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih kepada Pak Soebirin sebagai Dosen mata kuliah Pemandu I karena sudah menyediakan kesempatan buat saya dan teman-teman saya bisa menceritakan berbagai macam pengalaman dari yang seneng, sedih dan bersyukur karna menjadi Pemandu membuka Networking. Tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada Allah S.W.T karena diberikan kelancaran dalam menyelaskan tugas ini.
Perkenalkan nama saya Rika Romadhan anak bungsu yang lahir di Jakarta, 31 Januari 1995. Saat ini saya kuliah di Universitas Negeri Jakarta sebagai mahasiswi Jurusan Sejarah Prodi Usaha Jasa Pariwisata semester 3. Kampus Hijau adalah kampus ke2 saya. Karna sebelumnya saya sempat Kuliah di Universitas Mercu Buana dengan Jurusan Manajemen tidak lebih dari 1 semester disana. Latar Belakang Pas SMA tidak ada sangkut pautnya antara Ekonomi dan Pariwisata karena  Jurusan saya pada saat SMA adalah IPA.  Kenapa saya memilih UNJ dan Pariwisata. Yaa, UNJ dan Jurusan Pariwisata adalah  pilihan terakhir saya setelah mengikuti 6 kali Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri maupun Pemerintahan ,kenapa milih pariwisata  saat mengisi data untuk Penmaba UNJ memilih Pariwisata karena peminat dan Kouta bangku untuk mahasiswa tidak terlalu banyak dari pada Jurusan lainnya. Allhamdullilah
Memasuki Jurusan Pariwisata di awal semester mungkin sangat butuh penyesuaian bagi saya karna kita dilatih sebagai pekerja, mengapa saya bilang perkerja. Beda dengan jurusan – jurusan lain hari demi hari hanya sekedar materi dan materi. Sedangakan jurusan saya di awalnya kita hanya diberi materi sebagi pedoman dan selebihnya kita mengembangkan materi tersebut dengan cara observasi contoh: di awal semester kita sudah diberi tugas untuk observasi ke Hotel bintang 1-5 serta observasi ke restoran yang pasti kita di awal semester sudah dilatih sedini mungkin oleh para dosen untuk menjadi  tour guide maupun tour leader.
Diawal semester pula kita dilatih untuk menjadi Pemandu, momen pertama menjadi pemandu wisata pada saat Tour Jawa barat, kita dibagi menjadi dua tujuan ada yang ke Museum Geologi dan Museum KKA Bandung.  Dari 2 kelas A dan B kita dicampur untuk menjadi 2 tujuan. Bus 1 dengan tujuan ke Museum KAA bandung dan untuk Bus yang ke 2 dengan tujuan ke Museum Geologi. kita juga ditemani oleh angkatan 2013 jadi setiap Bus angkatan 2013 memandu kita di Bus selama perjalanan ke Bandung., dan untuk selama perjalanan Pulang angkatan sebagian dari angkatan 2014. Sebelumnya kita sudah diberi tugas untuk memandu di Museum maupun di Bus dengan Zona-zona yang udah disusun oleh panitia  Tour ini yaitu kakak senior kita angkatan 2013.

Pada saat itu saya mendapatkan bagian untuk memandu di Perputakaan Museum KAA Bandung. Sayangnya pada saat itu saya tidak bisa berkesempatan masuk langsung ke dalam Perspustakaan tersebut. Karena perpustakaan sebagai tempat untuk belajar dan berdikusi jadi  tidak diperbolehkan untuk lansung masuk ke dalam perpustakan KAA Bandung tersebut, dan akahirnya saya memandu di Lorong sebelum pintu masuk  ruang pertemuan Konfersi Asia afrika. Pada kesempataan pertama saya memandu saya sangat gugup sampai ritme suara gak beraturan dan kurang maksimal karna kuranag focus sama materi.
Berjalannya waktu pada saat semester 2 kita beri tugas untuk PKL di Destinasi wisata. kita diberi waktu untuk PKL yaitu 2 bulan. sebelum mengirim CV ke berbagai tempat destinasi wisata. Saya sudah menyusun nomor kontak yang bisa dihubungi untuk menanyakan apa masih kouta untuk PKL tempat tersebut. Dari tempat wisata Kebun Bintang Ragunan, Museum Wayang, Waterboom Lippo cikarang, Ancol, Kidzania dan Taman Buah Mekarsari dan masih banyak lagi. Dari semua tempat wisata yang saya hubungi akhirnya saya mebuat surat untuk  apply ke Taman Buah Mekarsari. Karena prosedur dari Taman Buah Mekarsari yaitu untuk apply tidak melalui surat langsung melainkan email akhirnya saya email ke pihak SDM Taman Buah Mekarsari.Selama 3 minggu nunggu balesan kabar dari Taman Buah Mekarsari gak ada respon, akhirnya saya dan temen-temen inisiatif untuk naro Lamaran langsung ke kantornya langsung. Pada saat sudah sampai ke Taman Buah Mekarsari buat naru Lamaran akhir surat Lamaran kita kasih ke bagian Satpam untuk dikasih kebagian SDM. Kenapa kita gak langsung ajah ke Pihak SDM karena kita ketahan di bagian depan, gak diperbolehkan masuk ke untuk ketemua pihak SDM. Sudah nunggu sekitar 1 minggu lagi-lagi gak dapet respon baik. Tapi saya dan temen-temen saya tetep kekeh buat tetep apply ke Taman Buah Mekarsari, akhirnya salah satu Orang tua temen saya menelepon pihak Taman Buah Mekarsari karena beliau punya kenalan pihak Taman Buah Mekarsari, berkat bantuan beliau kita apply lagi ke Taman Buah Mekarsari ke email Pak IIK selaku HRD Mekarasari. Sekitar 1 bulan lebih buat memperjuangkan untuk bisa PKL di Taman Buah Mekarsari akhirnya kita keterima dan pada saat interview kita sempet ditawari untuk 3 Bulan untuk PKL disana. Tapi kita memilih untuk 2 bulan, karena apabila kita milih 3 bulan gak bisa lebaran ama puasa bareng keluarga masing-masing. Karena jarak tempat PKL kita jauh dari rumah, kecuali salah satu temen saya yang rumah gak jauh dari Taman Buah Mekarsari akhirnya kita menginap di rumahnya selama 2 bulan.

Setelah kita sudah menjadi bagian dari Taman Buah Mekarsari,Di hari pertama kita sudah Observasi ke Kids Fun Valley ditemani oleh kak Nisa pemandu Mekarsari. Hari-hari berikutnya kita observasi ditemani oleh kak Rifky ketua gengnya anak pemandu. Yaa, kak rifky adalah Pemandu senior mekarsari. Selama 1 minggu kita observasi keseluruhan Taman Buah Mekarsari yang Luasnya sekitar 264 Hektar. Lumayan tega saat anak PKL sebelumnya Observasi dengan Jalan kaki selama 2 minggu. Sedangkan kita observasi selam 1 Minggu itupun pake Kereta keliling. Gak ngerti sih kenapa bisa dibeda-bedain gitu tapi bersyukur banget jadi kaki gak kaya tales karena harus ngelilingin 264 hektar ituu.

Satu minggu observasi, minggu berikutnya saya berpartneran dengan pemandu senior disana untuk membantu dan belajar bagaimana saat membawa School Gathering, Family Gathering dan Corporate Gathering. Paling berkesaan saat bawa Corporate Gathering yaitu dari PT. PELNI ( Pesero) pada saat itu Partneran dengan Kak Desty. PT. PELNI mengadakan Hari Paskah di Taman Buah mekarsari. Selama acara Paskah di arena Parody Show  tersebut cukup berjalan mulus tanpa hambatan. Pada saat acara bebas yang kita alihkan ke Taman Kelapa di area Water Zone . Karena untuk samapi ke area Water Zone mengunakan kereta keliling.  Pada saat itu mengunakan 5 kereta keliling. Nah pada saat itu terjadi salah komunikasi anatar kak desty, saya dan driver. Dikira saya kak desty sudah mengasih tau ke driver langsung untuk menurunkan pengunjung di tempat yang udah ditentukkan. Sedangkan, sebelumnya saya belum dikasih tau kalau pengunjung mau di turunklan di SKO (Sabut Kelapa Outbound) jadi terjadi kesalahan, karena kereta yang saya naiki merukan pengunjung di area Taman Kelapa Manggah. Sedangkan kereta keliling setelah saya menurunkan pengunjungnya di SKO.Dari situ saya bingung ini mau di alihkan tetap ke SKO atau Ke Taman Kelapa Manggah.  Yang apes dari saya adalah pengunjung yang dikereta saya adalah Lansia jadi untuk jalan dari Taman Kelapa Mangga ke SKO lumayan jauh akhirnya kena semprot Oma dan Opa, Alhamdullilahnya bisa terkendali dengan saya membujuk oma-opa untuk jalan ke area SKO untuk mengumpul dengan Karyawan PT.Pelni lainnya. Pasti ada yang bertanya kenapa harus jalan, kenapa gak naik kereta yang tadi ajah. Yaa, saya udah membujuk satpam dan driver buat mengantarkan ke SKO tapi karena pengunjung hari itu sangat padat. Jadi bus nya tidak bisa dialihkan untuk mengantar oma&opa yang saya bawa.
            Kesan selama membawa acara keagamaan. Walupun acara tersebut bukan acara agama saya tapi saya sangat menghargai dan samapi selama berjalannya peribadatan agama nasrani. Saya sampe apal lagu-lagu rohani dari agama nasrani
( Gambar 1 acara Hari Paskah PT.PELNI )

Selain, membawa acara Comporate Gathering saya juga membawa acara School Gathering dari TK Pondok Indah Internasional School. Moment sangat berkesan bagi saya karena ini sangat Ekslusif yaitu karena Peserta sedikit Cuma 8 Orang dan dari sekolah Internasional  karena baiasanya rombongan dari Sd maupun TK bisa mencapai 20 orang sampai selebihnya. Awalnya, lumayan cukup panik karena harus menyesuaikan dengan anak yang fasih terhadap bahasa asing. Sedangkan saya dan Partner saya Kak Ikhsan pemahaman bahasa inggris kurang baik, tapi Kak ikhsan cukup fasih dibahasa Arab. 

Kegiatan Kita hari itu adalah Paddy Village Opstional   dan GreenLand Tour. Awal mula kegiatan yaitu melukis caping, meanam padi, memandikan kerbau sampai mengambil ikan. Yang saya bangga dari anak-anak Tk Pondok Indah mereka sangat antusias dengan kegiatan tersebut, awalnya saya sempet berfikir apa anak-anak suka dengan kegitan tersebut, karena biasa anak tersebut lebih happy mall besar dengan udara yang adem dengan ada ac. Tetapi, pemikiran saya salah semua karna anak-anak tersebut sangat Happy karena bagi mereka bisa kotor-kotoran tanpa harus diomelin mama karena hal yang dilakukan sangat mengandung edukasi. Nah, ada salah satu anak Bule keturan Amerika NTT, sangat senang dengan kegitan Paddy Village ini sampai-sampai salah satu Miss nya bilang kesaya Bule masuk sawah. Selain kegitan Paddy Village mereka juga mengikuti Paket Greenland Tour yaa mereka lagi-lagi sangat Happy akan kegiatan tersebut, selain anak-anak yang lucu ini happy yang pasti Miss nya happy karena kegiatan sangat santai dan mengandung edukasi.Selain mereka yang Happy saya juga sangat senag karena anak-anak interkatif dan pintar yang pasti missnya juga sangat Baik dan Humble.

(Gambar ke 2 foto didepan BAT dan di Stand Buah Langaka)

Sekitar kurang lebih 3 minggu saya berpartneran dengan pemandu senior. Akhirnya minggu ke 4 saya diberi kesempatan oleh kak Rifky untuk dilepas menjadi Pemandu dan membawa rombongan sendiri . Karena sebelumnya sudah belajar dari Pemandu senior, jadi saya sudah terbiasa dengan prosuderan menjadi Tour Leader. Dari awal mula menungu rombongan di Pintu Masuk lalu mengarahkan ke Tempat yang dituju, apabila Rombongan memilih paket Padi maka saya mengarahkan untuk ke tempat Family Garden karena kegiatan padi akan dilakukan di area Family Garden, dan apabila memilih Paket Kids Farm maka kita menaiki kereta keliling untuk menuju ke Nursary  dan sampai acara selelai lalu menjemputkan rombongan mengunakan kereta keliling untuk balik ke area awal yaitu di Festival Point Zone disekiar pintu keluar.
Kesan selama membawa rombongan sendiri maupun berpartneran sama serunya. Karena setiap harinya selalu bertemu dengan orang –orang baru dan penyesuai disetiap harinya. Di awal perbincangan saya sempat bilang bahwa menjadi pemandu ada seneng, sedih an juga membuka Networking bagi saya. Saya punya cerita pada saat saya membawa rombongan dari salah satu Tk dan pada saat itu saya berpartneran dengan Kak Agus,Yaa, menjadi Pemandu bukan hanya menjelaskan dan mengatur adik-adiknya untuk tetap tertib selama ada berjalannya acara tetap menjadi pemandu juga diharus bisa komunikasi baik kepada orang tua maupun anak-anak. Jadi pada saat itu saya sempet berbincang dengan orang tua wali, yang awalnya dia menanyani saya dari mana dan sampai perbincangan lebar dan akhirnya saya malah di tawarkan untuk bekerja di Perusahan bapak itu bekerja yaitu disalah satu perusahaan Asuransi, yaa tawar pekerjaan selama PKL di mekarsari bukan Cuma sekali tapi sudah kedua kali. Yang pertama saya ditawari pekerjaan di salah satu Tour & Travel ditempat bekerja salah satu Panitia rombongan yang saya bawa.  Selama menjadi pemandu di Taman Buah Mekarsari membuka networking bagi saya.
Gambar 3 Bersama adik-adik dari TK Taman anggrek


Selama PKL disana saya dan temen saya diberi kesempatan untuk ikut Traning.U ntuk para pemandu cara untuk menangani coustmer dengan 3S ( Senyum, Sapa, Salam ),   lalu prosedur untuk para pemandu untuk cewek rambuntaya di sanggung dan segala SPO lainnya. 


 Gambar ke 4 Setelah Training bersama karyawan Mekarsari

Kurang lebih dua bulan mejalani PKL di Taman Buah Mekarsari sangat mengesankaan bagi saya dari awalnya sangat takut harus menjadi Pemandu sampai akhirnya menjadi terbiasa. Bisa Karena Terbiasa. Banyak sekali kesan selama 2 bulan menjadi bagian di Taman Buah Mekarsari. Segala aspek telah membantu kelancaran saya selama menjadi pemandu di Mekarsari dari bagian Pemandu, Driver,Information, karyawana Marketing sampai satpam. Kejasama merupakan kelancaraan bagi saya setiap kali membawa rombong. Sekian dari saya mohon maaf apabila masih banyak kekurangan.


Rika Romadhan
Usaha Jasa Pariwisata
4423143928
rikaromadhann@gmail.com



No comments:

Post a Comment