Tuesday, October 6, 2015

Tugas 1-Kamaluddin Latif wisata budaya 2015

Kelas B-Kamaluddin Latif

Pengalaman Pertama Kali Menjadi Tour Guide

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pengalaman saya sebagai tour guide(pemandu wisata).Pengalaman saya sebagai tour guide atau pemandu wisata banyak sekali permasalahan yang saya hadapi.sebelum lebih jauh untuk mendengarkan cerita saya ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu,nama saya Kamaluddin Latif atau bisa dipanggil dengan kamal,saya merupakan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta Jurusan Sejarah,Prodi Usaha Jasa Pariwisata.
                Sekarang saya sedang menjalani masa kuliah semester 3 di Prodi Usaha Jasa pariwisata,dalam pekerjaan sebagai mahasiswa ada matakuliah yang bertujuan untuk saya menjadi tour guide,dan mata kuliah itu adalah Pemanduan.Dan dari mata kuliah tersebut saya akan menulis kisah duka saya menjadi seorang tour guide.
                Menjadi seorang tour guide memang harus ekstra sabar,pandai dalam berbicara,pintar akan wawasan,dan seorang tour guide harus bisa membuat suasana menjadi lebih menyenangkan dengan menggunakan sisi humor.karena setiap tourist lokal maupun mancanegara mempunyai kepribadian yang berbeda beda,oleh karena itu tour guide harus bisa membaca sebuah situasi.
                Ketika saya menjadi tour guide kawasan kota tua tepatnya di museum keramik disana saya memberanikan diri untuk menjadi tour guide freelance,dengan kemampuan informasi yang masih kurang tetapi karena untuk mendapatkan pengalaman saya memberanikan diri untuk menjadi tour guide.Tetapi tidak ada satu orangpun yang meminta untuk dipandu,disana saya sangat bingung apakah mereka para pengunjung lokal hanya ingin berfoto ria atau ingin menambah wawasan atau  informasi tentang sejarah kerajinan yang diciptakan pada masa dahulu.
                Karena sudah berjam-jam saya menunggu dan tidak ada yang menawarkan diri untuk dipandu,akhirnya saya sendiri yang menawarkan kepada pengunjung,tetapi tetap saja masih ada yang tidak mau untuk dipandu dengan saya,yang saya lihat mereka hanya berfoto foto saja dan duduk disekitaran taman,mungkin mereka sudah sering datang ke museum keramik sehingga walaupun ada seorang tour guide mereka tidak akan bertanya karena sudah sering ke museum keramik.
                Walaupun dari sekian banyak pengunjung ada beberapa pengunjung yang mau untuk memberikan waktu kepada saya untuk menjadi tour guide,kali ini saya diberikan waktu untuk menjelaskan tentang Arie Smit.Permasalahan pertama yang saya rasakan adalah sedkit informasi yang saya dapatkan tentang seorang Arie Smit,tetapi saya mencoba untuk menjelaskan sedikit tentang beliau,jadi Arie Smit merupakan seorang seniman asal belanda dia lahir di Zaandam belanda pada tahun 1916,dia menempuh pendidikan seni pada tahun 1930 di Academy of art,Rotterdam Belanda.ketika tahun 1938 dia datang kebatavia(Jakarta)sebagai prajurit belanda.Karena kecintaannya terhadap Indonesia,dia membuka sanggar dan memberikan pengalaman seninya terhadap anak anak di Ubud bali,nama sanggarnya adalah”Young Artist”.Dia juga seorang kreator litografi tentang topografi Indonesia.
                Ketika saya menjelaskan tentang Arie Smit ada seorang yang dari mereka berdua malah asik bermain handphone tapi sekali kali dia memperhatikan saya.Tetapi saya sangat berterima kasih kepada mereka berdua yang telah memberikan saya waktu untuk memandu mereka disekitaran museum keramik,Selanjutnya saya mengajak mereka ketempat persagi yaitu persatuan ahli gambar Indonesia,ketempat mooi indie,kerajinan perunggu zaman pra sejarah,saya hanya bisa menyampaikan sedikit karena kurang informasi yang saya dapat,tetapi mereka memaklumi karena saya hanya tour guide freelance saja,karena sudah terlalu lama keliling museum.kemudian saya ajak mereka untuk duduk di taman yang ada didalam museum,kami membahas tentang pendidikan dia juga bertanya “kamu sekolah apa kuliah”mungkin muka saya yang masih polos dia bertanya seperti itu,dan seketika saya jawab “saya kuliah “.ternyata dia juga seorang mahasiswi tapi dia tidak bilang dari universitas mana.sukanya saya memandu mereka berdua adalah mereka bisa diajak berinteraksi mungkin karena sama sama anak kuliahan.Karena mereka nalar ketika saya menggunakan joke atau lelucon anak muda zaman sekarang beda halnya jika saya melakukan joke kepada orang yang sudah tua maka saya akan dicap jelek atau kurang sopan dihadapan mereka.
                Karena dalam mata kuliah yang saya terima untuk membuat  seseorang tertarik kepada saya,maka anda bisa menggunakan jokes atau hiburan sehingga pengunjung tertarik kepada anda tetapi harus diingat beda usia beda cerita.Mereka juga senang jika diberikan pelayan seperti memberikan pertolongan dan hal hal yang membuat mereka merasa nyaman.Seperti pepatah anak muda zaman sekarang “Cantik ganteng kalo tidak nyaman percuma”.
                Padahal ketika pertama kali saya menawarkan diri saya kepada dia saya sangat malu mungkin belum terlalu mengenal dia,perasaan juga gugup takut ada kata kata yang salah dalam mengucapkan sesuatu karena setiap pekerjaan yang saya kerjakan biasanya saya membawa dalam keaadaan serius,tetapi karena sudah berkenalan dan sharing tentang hal hal yang unik maka saya lebih percaya diri untuk memberikan sebuah humor,karena saya sangat senang dengan humor atau stand up comedy.Karena sering menonton atau membaca tentang hal hal yang berbau humor saya bisa memberikan hiburan yang membuat mereka berdua tersenyum.dari jokes jokes yang saya buat mungkin dia merasa nyaman,dalam konsep pelayanan kita harus membuat costumer atau pengunjung merasa nyaman sehingga dia merasa senang.
                Sesudah dari museum wayang kami hanya mengelilingi daerah kota tua saya hanya mengajak mereka mengelilingi kota tua saja,mungkin tujuan awal mereka hanya ingin bermain atau berfoto saja tetapi karena saya yang tiba tiba memberikan jasa guide gratis demi tugas saya rela tanpa dibayar,tidak apa apa jika tidak dibayar yang terpenting pengalamannya.Di sekitaran kota tua ada café Batavia,gedung jasindo,museum wayang,dan gedung peninggalan belanda.Saya hanya masuk ke museum wayang saja selebihnya saya mengajak mereka berkeliling kota tua,duduk duduk santai sambil sharing tentang pendidikan.mereka juga meminta saran kepada saya di kota tua makanan yang murah apa saja.Saya bilang kamu bisa memakan pecel disana harganya 10 ribu sudah bisa mengganjal perut,jika ada uang lebih kalian bisa masuk café Batavia tetapi harganya untuk kalangan menengah.jika mau yang cepat saji bisa di indomaret disana menyediakan makanan fast food.
                Setelah saya memberi tahu makanan yang ada di daerah sekitar akhirnya dia memutuskan untuk membeli pecel,pecel merupakan makanan khas Indonesia,jadi isinya ada kangkung bihun sama gorengan ditambah sambel membuat makanan ini menjadi santapan yang menarik untuk kami.karena saya sudah menjelaskan cukup panjang,mungkin panjangnya tentang share atau jokes yang saya berikan kalau informasi tentang bangunan atau seni saya hanya menjelaskan beberapa saja.Tetapi dengan baik hati dia memberi saya makan pecel gratis lumayanlah karena saya juga kroncongan.Sebenarnya saya ke kota tua juga ditemani kawan kuliah saya thesar dan shun farid,karena ada tugas pemanduan mereka juga menjadi seorang tour guide freelance sama seperti saya.
                Pengalaman selanjutnya ketika saya melakukan city tour bersama kawan kuliah saya disini saya hanya menjelaskan perjalanan purwakarta-sadang,disini saya benar benar gugup karena dilihat oleh para dosen,untuk melakukan jokes atau hiburan pun saya tidak bisa,semua materi yang saya hafalkan semuanya hilang,tapi saya berusaha untuk tetap berbicara.Jantung saya pun berdetak sangat kencang,mungkin karena takut atau GAS.Awal awal saat pembukaan pengenalan saya tidak berdegup kencang tetapi ketika sudah memasuki informasi daerah tersebut saya tidak bisa berfikir apa apa,karena para dosen duduk dibangku depan dan memperhatikan saya itulah hal yang membuat saya tegang,tetapi saya mencoba memberikan informasi sedikit yang saya sudah cari di internet tentang daerah sadang-purwakarta.
                Ketika kita berbicara ada saja yang sibuk sendirian seperti halnya kawan saya yang duduk dibangku belakang mereka hanya sibuk bermain hape,sedangkan yang lain ada yang tertidur dan adapun yang sangat serius mendengarkan kita berbicara.Karena saya sudah demam panggung saya tidak bisa membuat suasana menjadi nyaman,karena demam panggung tersebut hal yang ingin diucapkan susa untuk diutarakan.
                Padahal sebelum hari keberangkatan saya sudah mempersiapkan informasi menyalin dan mencari di internet,istirahat juga sudah cukup tetapi ketika maju didepan para tourist walaupun turisnya hanya kawan seperjuangan dan beberapa dosen tetap membuat saya merasa canggung dan demam panggung.Tetapi itu saya jadikan sebuah pelajaran.Karena menjadi seorang tour guide membutuhkan wawasan yang luas,daya ingat yang baik dapat menyelesaikan masalah yang datangnya tiba tiba,saya juga berfikir mengapa kawan saya dapat melakukan itu kenapa saya tidak bisa,oleh karena itu keberhasilan itu tidak diperoleh semudah membalikan telapak tangan kita harus menghadapi sebuah rintang,rintanganya itu berupa demam panggung atau bertemu dengan turis yang senang bertanya informasi,atau turis yang pendiam dan ada juga turis yang senang diperlakukan sebagai raja,saya ingin belajar lebih jauh untuk menjadi seorang tour guide yang mempunyai komunikasi yang baik dan memiliki daya ingat yang baik serta pandai dalam memahami sebuah situasi.
                Dari dua cerita diatas dapat disimpulkan bahwa menjadi seorang tour guide harus memiliki keberanian,keberanian dimaksudkan dapat menghadapi situasi diluar itenary,karena seorang tour guide merupakan seseorang yang memenage sebuah perjalanan seseorang,seorang tour guide juga harus memiliki mental yang kuat,karena mungkin akan bertemu turis yang tidak sabar akan satu hal,disini mental para tour guide diuji,dengan setiap hari kita menemukan turis yang seperti itu maka seorang tour guide dapat dengan mudah untuk menghadapi hal seperti itu,karena dengan terbiasa maka akan menjadi bisa,tour guide juga harus mempunyai intelligent atau kepandaian akan informasi,jika seorang tour guide memiliki informasi yang sedikit tentang tempat tersebut akan membuat kita menjadi kaku atau membuat kita menjadi GAS.Usahakan kita membawa catatan kecil untuk membantu kita jika informasi yang kita berikan kurang.karena seseorang tour guide yang pandai akan dipandang oleh orang lain bahwa dia mempunyai wawasan yang luas jadi jika mendapat turis seorang dosen atau seorang doctor anda akan mendapatkan sebuah perhatian dari orang orang tersebut.selanjutnya adalah seorang tour guide harus memiliki bakat bakat humor karena zaman sekarang orang lebih senang mendapatkan hiburan daripada mendapatkan informasi,oleh karena itu sebisa mungkin tour guide harus bisa menguasai hal hal yang berbau humor karena setiap orang akan jenuh jika selalu diberikan sebuah informasi terus,ketika suasana sudah mulai jenuh anda bisa memulai hal hal humor untuk para turis tapi jangan lupa jangan berlebihan jika memberikan humor,atau jangan sering memberikan humor kepada para doctor atau profesor bisa bisa anda akan dicap jelek oleh mereka.
                Seorang tour guide juga harus bisa memanage sebuah tour dengan semenarik mungkin,bisa saja sang tour guide memberikan sebuah kejutan kepada sang turis,hal ini akan memberikan nilai plus bagi sang tour guide dan travel,jika sang turis telah mendapatkan sebuah kepuasaan maka dia akan memberikan kita sebuah reputasi yang baik,tour guide juga harus bisa mengatasi permasalahan tentang jalan atau hal hal yang berada diluar dari kegiataan atau ada sebuah kecelakaan yang membuat sebuah perjalanan tertunda disinilah seorang tour guide mengatur agar suasana tetap tenang dan terkendali.

Itulah pengalaman suka duka saya menjadi seorang tour guide semoga tulisan saya ini bisa berkenaan dihati para pembaca.

FOTO dokumentasi


2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Sy sering butuh guide
    sy jhon wiyono dr www.seratour.com boleh minta nomor HP nya mas jadi klo kita butuh guide langsung sy tlp

    kabarin sy via tlp atau WA di nomor 0818220650
    sy tunggu ya

    ReplyDelete