Tuesday, October 6, 2015

Tugas 1 - Suka Duka Menjadi Pemandu Wisata


SUKA DUKA SAYA MENJADI PEMANDU WISATA.


 ASSALAMMUALAIKUM WR WB.
Yang terhormat bapak dosen kita bapak SOBIRINUR RASID
dan dan teman – saya yang saya banggakan.

Pertama-tama Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, atas nikmat yang dianugerahkan kepada kita semua, sehingga khususnya pada siang hari ini kita semua diberi kenikmatan berupa kesehatan jasmani dan rohani, sehingga kita bisa hadir dan berkumpul bersama di tempat yang insya Allah diberkahi ini , Salawat serta salam, semoga tercurah-limpahkan kepada junjungan nabi kita , baginda nabiyullah Muhammad Sallallahu alaihiwasalam.

Perkenankan lah saya ingin menyampaikan SUKA DUKA SAYA MENJADI PEMANDU WISATA.
Sebelum saya bercerita saya ingin memperkenalkan diri saya terlebih dahulu.
Perkenalkan , Nama saya JEFTA KURNIAWAN, saya biasa di panggil AWAN, dan saya sekarang berkuliah di Universitas Negeri Jakarta jurusana Sejarah perogam setudy Usaha Jasa Pariwisata.
Tentu saja saya sudah lama menjadi pemandu wisata, apa lagi dengan saya berkuliah di Universitas Negeri Jakarta ini selama 19 thn  tentu saja saya selama 19 thn tersebut saya pernah memandu beberapa kali. Salah satu nya ke Jawa Barat yaitu adalah Jakarta-Bandung tepat nya kemusium geologi yg terdapat di kota bandung. Yang di laksanakan pada tanggal 11 november 2014.
Dan kami melakukan perjalanan yang berangkat dari kampus UNJ yang terus masuk kearah tol CIPULARANG. Dan selama di perjalanan perjalanan saya menyeritakan tentang setiap daerah daerah yang kita lewati,
·         dari membahas kapan di bangun daerah nya,contoh misalkan daerah nya di bangun pada tahu xxxx.
·         dan asalusul daerah nya,contoh nya daerah tersebt terbentuk dari nama ini taua dari peninngalan raja ini.
·         dan ciri khas daerah nya,contoh nya cirri khas daerah tersebut apa, misalkan pengerajin bambu
·         dan tempat wisata yg berada di daerah tersebut apa saja misalkan kaya ada wisata alam, buatan, wisata kuliner dan budaya,
·         terus kuliner nya, budaya nya misalkan kuliner nya iya terkenal dengan sate ambal nya dan lain lain
·         dan sifat atau karakter penduduk nya gimana misalkan karakter penduduk nya sopan sopan-sopan.
Setelah kita sedang di perjaanan ada salah satu wisatawan yg ingin ke toilet dan sekalian wisatawan lain juga ingin melakukan shalat, dan kami putuskan pada akhir nya kita berhenti di Masjid Atta’awun yang berada di Puncak pas. Disana mereka bisa beristrahat dan bisa juga melakukan shalat bagi yang beragama islam.setelah mereka selesai melakukan shalat sambil beristrahat mereka ber foto-foto di halaman masjid atta’awun, karna memang di halam masjid tersebut cukup indah dan sejuk.
Setelelah semua nya selesain shalat dan beristiraht sejenak, perjalanan ke museum geologi nya kami lanjutkan kembali setelah diperjalan agak sedikit terhambat atau macet, dan waktu juga menunjukan sudah agak panas akhir nya kami putuskan untuk berhenti lagi sejenak untuk makan siang. Di lastoran kampung daun. Karna di sana menyediakan tempat yang sejuk dan sekeliling nya juga masih kaya pedesaan yg belum tersentuh proyek. Dan  Lestoran kampung daun ini menyediakan menu menu khas pedesaan, antara lain ada : surabi, batagor, nasi liwet, gurame bakar, nasi timbel, bebek, nasi goring, sop buntut, nasi bakar, sampai dengan steak, iga bakar, dan ice cream. Lestoran ini terletak di jalan sersan bajuri bandung.
Setelah semua nya sudah selesai akhir nya perjalanan nya kita lanjutkan lagi menuju museum geologi di bandung yang dimana kita memasuki tol Pasteur dan keluar pintu tol Pasteur kita menu ke jalan layang pasopati terus tinggal belo ke kiri memasuki jalan taman sari, nah dari situ sudah tida jauh lagi kurang lebih.
Sesampai nya disana kita langsung memasuki museum tersebut disana terdapat banyak peninggalan jaman dahulu seperti kerangka tengkork manusia hewan dan makluk hidup lainya. Museum geologi ini adalah salah satu bangunan yg bersejarahdi kota bandung karna bangunan ini yang udah ada dari sejak tahun 16 mei 1928.
Setelah mera pada masuk semua dan mulailah saya menjelaskan tentang kapan museum itu di bangun dan sejarah museum tersebut saya jelaskan semua hingga kelar. Ternyata museum itu terdapat dua lantai yang dimana terdapat beberapa bagian yaitu yg dilantai bawan terdapat tiga bagian, bagian tengah, barat dan timur
Nah terus kalo yang dilantai dua nya juga sama terdapat tiga bagian juga yaitu bagian tengah, barat, dan timur.
Setelah semua nya kelar baru saya menjelaskan isi yg terdapat di museum geologi tersebut, dari mulai menjelaskan yang ada di lantai satu terlebih dahulu, dilantai satu di bagian tengah terdapat banyak peninggalan salah satu nya adalah :
·         animasi kegiatan geologi dan kegiatan museum dalam layar lebar
·         pelayanan informasi museum
·         pelayanan pendidikan dan penelitian

isi ruang di bagian barat yang bisa kita lihat dan kita pelajari.
·         Hipotesis terjadi nya bumi
·         System tatasurya
·         Tatanan tektonik regional
·         Maket penggerak lempeng-lempeng aktif kulit bumi
·         Keadaan geologi Indonesia
·         Fosil manusia purba
·         Sejarah evolusi manusia menurut teori evolusi Darwin
·          Berbagai jenis bebatuan : batu beku, sedimen dan malihan
·         Pemetaan sumber sumber daya mineral di Indonesia
·         Berbagai jenis peralatan dan perlengkapan lapangan
·         Sarana pemetaan dan penelitian
·         Hasil akhir kegiatan misalnya pete geologi, geofisika, geomorfologi, gunung api, seismotektonik dan lain lain
·         Pertunjukan keadaan gunung berapi aktif di Indonesia, missal nya : gunung tangkuban perahu, gunung kerakatau, gunung merapi, dan lain-lain
·         Bebatuan hasil kegitan gunung api

isi ruang di bagian timur yang bisa kita lihat dan kita pelajari
·         Sejarah perkembangan dan pertumbuhan makluk hidup yang mendiami pelanet bumi dari masa perimitif sampai dengan mas modern.
·         Fosil dinasaurus tyrannosaurus Rex Osborn
·         Kumpulan tengkorak manusia purba yg pernah di temukan di Indonesia.
·         Artefak yang di gunakan menusia jaman purba, yang mencerminkan perkembangan zaman dari waktu ke waktu.
·         Sejarah pembenntukan danau bandung
·         Fosil ikan dan ular yang di temukan dalam lapisan tanah danau bandung
·         Arterfak yang di temukan di pinggiran danau bandung
·         Informasi peroses pembentukan fosil
·         Informasi peruses pembentukan batubara dan minyak bumi
·         Informasi keadaan lingkungan purba
Setelah di lantai bawah sudah di terangkan sekarang kita menuju lantai dua museum geologi bandung.
isi ruang di bagian tengahr yang bisa kita lihat dan kita pelajari
·         Maket tambang emas paling besar di dunia, (yang berlokasi di irian jaya)
·         Bebatuan asal papua (irian jaya)
·         Miniature pengeboran minyak bumi
·         Miniatur pengeboran gas bumi

isi ruang di bagian barat yang bisa kita lihat dan kita pelajari
·         Ini adalah ruangan untuk setaf museum geologi bandung

isi ruang di bagian timur yang bisa kita lihat dan kita pelajari
·          Informasi manfaat dan kegunaan batu mineral bagi manusia
·         Gambar penyebaran sumber daya mineral di Indonesia
·         Rekaman kegiatan eksplorasi sumber daya mineral
·         Rekaman kegiatan eksploitasi sumber daya mineral
·         Informasi penggunaan mineral dalam aktifitas sehari-hari dalam cara tradisional
·         Informasi penggunaan mineral dalam aktifitas sehari-hari dalam cara modern
·         Cara mengolah mineral dan energy
·         Informasi berbagai jenis bahaya geologi, missal nya tanah longsor, letusan gunung api, dan lain-lain
·         Informasi aspek positif geologi yang berkaitan dengan gunung api
·         Penjelasan cara memanfaatkan sumber daya air
·         Penjelasan pengaruh lingkungan terhadap kelestarian sumber daya alam

Setelah selesai menjelaskan semua isi museum kami langsung mengatarkan perjalana untuk balik ke tempat masing-masing.
Didalam perjalanan yang sudah mulai menuju senja atau sudah mulai malam para wisatawan sudah muai lelah dan merasa pada mengantuk, jadi saya memutar pemikiran agar parawisatawan semangat lagi untuk mendengarkan pembicaraan saya.
Akhir nya saya mengadakan game di dalam kendaraan yg sedang berjalan menuju perjalanan pulang., dengan bermodalkan coklat silverQuin yang ada di tangan saya.
Saya membuat game dengan mengasi mereka pertanyaan contoh pertanyaan nya :
·         Saya mempunyai bebek 10 dikali 2, berapakah jumlah bebek yang saya punya.?
·         Jawaban nya : adalah 12, mengapa 12 jadi saya mempunyai bebek 10 dikali 2 nah dikali nya ini bukan bilangan pengali tapi di kali nya ini bebek nya sedang berenang jadi 10+2= 12, nah gitu maksud nya.
Nah sejak mereka saya kasih tau jawan dari pertanyaan tersebut  mereka tertawa terbahak-bahak, nah coklat yang masih ada ditangan saya  belum ada yang bisa ngmbil karna kaga ada yang bisa ngambil jadi saya memberin pertanyaan ke dua buat meraka.
Pertanyaan nya adalah :
·         Saya mempunyai besi 1’ton dan tema saya mempunyai kapas 1’ton nah kalo di timbang beratan mana hayoo…?
·         Jawaban nya ada lah sama-sama berat nya karna berat nya sama sama satu ton.
Awal nya mereka pada bingung tetapi ada seseorang yg berasil menjawab nya dan pada akhir nya coklat yang adaditangan saya bisa ada yang mengambil nya, ya waalau pun itu hanya permainan sederhana tetapi setidaknya meraka menjadi semangat lagi dan tidak merasa bosan oleh saya.
Setelah mereka sudah mulai semangat lagi.saya melanjutkan untuk menjelaskan setiap daerah yang kita lewatin.
Setelah sesampai nya diperjalanan kusus nya di daerah purwakarta kita berhenti untuk beristirahat sejenak dan parawitawan turun untuk sekedar membeli oleh-oleh dan turun untuk sekedar ketoilet dan melakukan shalat.
Sehabis itu lalu mereka memasuki bus kembali untuk melanjutkan perjalanan stelah beberapa jam kemudia sampai lah bus itu ke tempat pertemuan yang pertama lalu meraka pada turun mengucapkan terimah kasih dan lalu pamitan.

Jadi kesimpulan nya suka duka nya jadi pemandu itu banyak, dari mula mengalami cobaan hingga mengalami peristiwa yang sangat menyenangkan. Untuk perjalanan Jakarta-bandung waktu itu saya mengalami beberapa cobaan seperti ketelatan waktu dikarnakan macet lalu saya di komplen dan ada wisatawan yang tiba  tiba ingin buang air dan pada akhir nya kita harus berhenti, dan senang nya kita menjadi banyak kenalan juga senang nya kita wisata atau jalan jalan semua ditanggung oleh mereka dari makan jajan hingga membeli oleh olehpun kami diberikan.

Setelah selang beberapa bulan saya ditugaskan oleh dosen saya untuk pkl di planetarium dan observatorium Jakarta. Yang dimana tempat nya itu di terletak di taman Ismail Marjuki di daerah cikini jakrta pusat.
Disana saya menjadi pemandu anak-anak yang dimana saya menjelaskan tentang astronomi atau benda benda luar angkasa tidak hanya itu saya juga ditugaskan menjadi moderator di salah-satu ruang pertunjukan yang berada di dalam planetarium tersebut. Disana saya menjelaskan tentang benda antariksa yang ada di langit. Missal nya planet saya menjelaskan pelanet-pelanet seperti merkurius venus bumi mars Jupiter merkurius sturnus Uranus neptunus nah itu susunan pelanet kita, dan saya juga menjelaskan tentang bintang bintang zodiac seperti ; loe, libra, sekorpio, Taurus, Gemini, sagitarius, aries, pisces, cancer, capricon, virgo.
Selain itu saya juga menjelaskan tentang terbentuk nya pelanet, matahari, kukusan bima sakti, komet, bintang dan bulan
Dipelanetarium terdapat banyak ruang seperti runang pendaftaran, ruang tunggu, ruang pameran, ruang pertunjukan, ruang buat melihan penampakan gerhana matahari secara langsung, dan ruang sejarah pelanetarium.
Jadi jika ada wisatawan yang datang yang mau berkunjung saya yang menyambut nya dari halam parker hingga kedalam, dan saya memanggil selahsatu pimpinan untuk mendaftarkan rombongan nya terlebih dahulu sekaligus untuk mengambil tiket  buat rombongan nya.
Nah sebagian rombongan nya saya antar keruang tunggu di dekat ruang pameran. Setelah ketua romboang mendapatkan tiket, langsung rombongan nya sayan a anter ke ruang pameran untukmelihan beda beda langit dan alat-alat astronot untuk terbang keruang angkasa. Sembarin menunggu di buka nya ruang pertunjukan.
Setalah mereka puas melihat pameran lalu saya ajak meraka melihat sejarah terbentuk nya pelanetarium. Sambil langsung jalan ke ruang pertunjukan yang terdapat di lantai dua.jadi kita harus melewatkan tangga dulu untuk bisa masuk ke ruang pertunjukan. Sesampai nya di ruang pertunjukan saya megatur wisatawan untuk mengatur tempat duduk supaya wisatawan tidak berebutan saat mencari tempat duduk. Setelah menunggu selama beberapa menit di mulai lah pertunjukan, saya pun tidak berhenti kerja, saya harus menjaga pintu keluar untuk melayanin wisatawan jika wisatawan ingin ke belakang ataau ingin buang air.
Setelah kelar nya pertunjukan saya mengatur rombongan saya agar tidak terpisah dari rombongan nya setelah semua rombongan nya lengkap baru saya mengajak kepintu keluar.
saya langsung menjemput rombongan brikutnya dan mengantarkannya di ruang tungggu setelah ketua rombong selesai mengambil tiket langsung saya antar keruang pamerean dan pertunjukan, dan seterus hingga saya pulang.
Setelah hari kedua saya di tugaskan untuk fokus ke narrator saja. Setelah teman-teman saya mengantarkan keruang pertunjukan saya langsung meanggil narotor sesungguh nya untuk membantu saya, maklum saya belum begitu apal dan lancer untuk menghafal dunia antariksa mkan nya saya memanggil narrator yang sesungguh nya. Setelah pertunjukan dimulai saya mulai berbicara dan menjelaskan tentang dunia antariksa atau astronomi saat saya menjelaskan ada wisatawan yang berisik dan ketawa-ketawa nah itu membuat saya membuat saya jadi gerogi dan lupa pada akhir nya ditengah tengah pertunjukan saya putuskan untuk ganti narrator karna kalo narrator nya masih tetap saya bisa berabe karna takut banyak yang salah dan lupa. Akhir nya di gantikan dengan narrator sesungguh nya, saya tugas nya hanya membantu mencet-mencet saja apa yang harus saat nya di keluarkan gambar nya saat pertunjukan, missal nya sang narrator sedang ngebahas matahari ya saya dengan cepat memencet tombol mesin gambar yang bisa mengeluarkan gambar mata hari.
Setelah pertunjukan selesai saya langsung di panggil oleh narrator nya tersebut, iya bilang kenapa tadi kamu gerogi jep.? Terus saya tanpa basa-basi langsung berkata yang sejujur-jujur nya bahwa tadi disaat ruang pertunjukan wisatawan nya pada berisik jadi otak saya tiba tiba ngebeleng begitu saja, apalagi saya baru pertama kali nya menjadi narrator pertunjukan jadi ya harap di makluminkan saja pak, terus bapak ya menjwab yasudah jep gakpapa tapi kamu harus banyak belajar lagi ya untuhk menghadapi orang yang banyak dan belajar untuk menghafalkan dunia antariksa atau pelajaran astronomi.
Setelah hari kedua saya tidak disuruh ngapa-ngapain, saya haya di suruh belajar dan memahami dunia antariksa atau belajar tentang astronomi, saya di bantu dengan pembimbing saya yang bernama Fahmi saya diberi tahu tentang dunia angkasa dan diajarin cara menyampaikan nya juga, jadi saya dengan mudah langsung menghafal dunia antariksa atau pelajaran astronomi,
Setelah hari ketiga saya mulai laihan bicara, tetapi langsung di rauang pertunjukan nya dengan ruangan yang masih kosong saya dibantu oleh kak fahmi dan kak fina yang dimana mereka yang membantu saya dalam menjelaskan dunia antariksa, mereka membantu memencetin mesin gambar, jadi saya berbicara di tempat narrator mereka membantu saya di bagian mesin gambar, dengan pedenya saya menjelaskan dunia antariksa dan astronomi, karna ruangan nya masih kosong belum ada wisatawan yang datang jadi saya berbicara dan menjelskan di ruang yg kosong, ya itulah salah satu yang efektif buat kita jadi beraani untuk nanti kita berbicaradi depan wasatawan yang banyak.
Setelah hari selanjut nya saya mulai disuruh menjelaskan dunia antariksa di ruang pertunjukan, dengan sedikit rada gerogi dan jatung yang berdetak kencang saya menunggu datang nya wisatawan yang masuk dari ruang pameran ke ruang pertunjukan, setelah mereka sudah memasuki ruang pertunjukan semua dan akhir nya lampu sudah mulai dimatikan, dan itu pertanda jalan nya pertunjukan segera di mulai, setelah semua parawisatawan sudah pada tenang saya memulai berbicara di tempat narrator, dengan perasaan gerogi atau panic saya harus tetap bicara akhir nya saya tarik napas dalem dalem lalu saya keluarkan pelan-pelan hingga napas nya keluar semua, nah itu fungsi nya untuk menghilang kan gerogi dalam tubuh saya makan nya saya lakukan itu biar saya tidak gerogi lagi.
Setelah itu saying langsung memulai pembicaraan untuk menerangkan dunia atariksa kepada wisatawan, setelah pertunjukan selesain dan materi penjelasan nya juga sudah abis langsung lampunya di nyalakan itu tandanya bahwanya pertunjukan nya telah kelar. Setelah para wisatawan nya sudah keluar semua saya langsung di berikan selamat kepda pembimbing saya dan dan narrator nya, bahwa saya telah berhasil menjadi narrator di planetarium Jakarta. Saya pun senang karna semua yang saya pelajari 1hari saja saya sudah bisa mengusai nya dan pembelajaran ssaya tidak sia-saia.
Dan saya melakukan it uterus selama saya PKL dan terkadang saya juga bergantain posisi dengan teman saya, karana yang PKL disana bukan cumin saya saja tetapi banyak juga yg dari UJP UNJ missal nya : hans muhamad, m risky eka putra, garin gerindra, nesya fadilah, sintia novita devi, irvina utami dewi, anindita ratianingsih, dan m firza alafiata.
Kesimpulan nya dan sukaduka nya PKL disana adalah ; kalo menurut saya banyak suka nya sih suka nya saya dapet pengalaman yang banyak tentang dunia antariksa dan saya juga bisa mengenal dunia pekerjaan wisata dan kalo duka nya saya harus menghadapi orang yg banyak dengan karakter yang berbeda-beda dan saya harus juga meyanin wisatawan yang kurang sabar atau rewel.
Mungkin itu cerita suka duka menjadi pemandu wisata dari saya tentang pengalaman saya meng guide pertama dan pengalam saya waktu PKL juga di Planetarium.

Saat guide city tour Jkt-Bdg

Saat guide city tour Jkt-Bdg

teman sesama guide

Menjadi pemandu di Planetarium Jkt

Menjadi pemandu di Planetarium Jkt

Bersama salah satu tamu di Planetarium Jkt

No comments:

Post a Comment