Tuesday, October 6, 2015

Tugas 1 - Suka Duka Menjadi Pemandu Wisata



Pengalaman Menjadi  Pemandu Wisata

Assalamualaikum Wr.Wb

Perkenalkan Nama saya Muhammad Arifta, saya lahir di bekasi pada tanggal 28 Februari 1996 dan hingga Saat ini saya berusia 19 tahun, di umur  yang ke 19 tahun ini saya sudah memiliki pengalaman menjadi seorang Pemandu Wisata. Berikut ini saya akan berbagi pengalaman saya saat menjadi pemandu wisata .

Pemandu wisata adalah seseorang yang memberikan informasi dan bimbingan serta saran kepada wisatawan ketika melakukan aktivitas wisatanya. Aktivitas yang harus dilakukan antara lain mengunjungi objek wisata, Restoran , Hotel, Berbelanja dan berbagai aktivitas lainnya yang berlangsung ketika kegiatan berwisata. 
Pengalaman saya ketika menjadi pemandu wisata adalah ketika saya mengikuti praktek pemanduan di Museum Konferensi Asia Afrika . Museum Asia Afrika ini salah satu museum yang terdapat di kota bandung museum ini dibangun oleh pemerintah Republik Indonesia, yang terletak di Jl. Asia Afrika No.65 , Nama museum Asia Afrika tersebut digunakan untuk mengenang peristiwa konferensi asia afrika yang menjadi sumber inspirasi dan motivasi terhadap bangsa asia-afrika .
(Gambar 1.1 Saat City Tour Bandung)
Pada saat itu saya harus dapat menguasai materi yang harus saya berikan kepada narasumber atau wisatawan yang saya pandu, bukan hanya keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pemandu tetapi seorang pemandu juga harus dapat menguasai sebuah materi yang akan di bawakan atau disampaikan kepada wisatawan , karena penyampain materi tersebut haruslah sesuai dengan sejarah atau asal usul suatu tempat atau kejadian yang terjadi pada saat itu. Kita haruslah mengusai materi yang akan saya sampaikan dengan sejarah yang benar Karena menjadi seorang pemandu wisata haruslah memiliki pengetahuan yang mendalam tentang objek yang akan disampaikan kepada wisatawan.
Pemandu wisata yang professional harus bisa melayani wisatawan dengan baik dan bisa menarik wisatawan agar seorang wisatawan dapat tertarik dengan cerita dan informasi yang akan kita sampaikan kepada mereka. Ketika itu saya mendapat giliran untuk memandu dan sayapun menjelaskan tentang sejarah dan materi tentang sejarah sejarah dan ilmu pengetahuan yang ada di museum tersebut kepada wisatawan agar wisatawan mendapatkan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang Konfrensi Asia Afrika.
Menjadi pemandu wisata itu ternyata tidak semudah yang saya banyangkan disaat itu saya juga harus belajar meteri yang saya akan sampaikan dan saya juga belajar tentang cara berbicara kepada wisatawan dengan cara yang baik dan benar agar wisatawan dapat tertarik dengan informasi yang saya sampaikan kepada mereka.
Sesuai dengan Program Studi  yang saya ambil yaitu Progam Study Usaha Jasa Pariwisata di Universitas Negeri Jakarta  yang mendalami tentang usaha jasa yang terdapat di bidang Pariwisata , disini saya mendapatkan pelajaran mata kuliah yang mengajari saya untuk menjadi seorang pemandu wisata yang baik , di mata kuliah pemanduan ini saya mendapat banyak pelajaran untuk menjadi seorang pemandu yang di tuntut untuk professional terhadap wisatawan lokal maupun wisatwan asing yang akan berwisata di Indonesia.
Di balik profesi sebagai pemandu wisata kita akan menjumpai suka duka menjadi pemandu wisata karena setiap wisatawan mempunyai watak dan karakter yang berbeda beda dari situ kita harus belajar untuk dapat menarik perhatian terhadap wisatawan sebab tidak semua wisatawan dapat mempunyai karakter yang sama.
Dengan pengalaman yang saya miliki sebagai pemandu wisata saya juga harus lebih banyak belajar lagi untuk dapat  menjadi seorang  pemandu yang professional yang bisa bersaing dengan pemandu pemandu lain ,yang dapat menarik wisatwan agar dapat menyimak informasi yang saya berikan kepada wisatawan yang sedang saya pandu tersebut.
Materi yang disampaikan dalam memandu haruslah materi yang sebenarnya terjadi dalam materi tersebut kita bisa menyampaikan sejarah tentang berdirinya suatu tempat, akses lokasi untuk menuju suatu objek tersebut,  wisata kuliner yang terdapat di daerah tersebut, adat dan tradisi suatu daerah yang kita kunjungi, apa yang sedang popular di daerah tersebut dan banyak lagi yang kita bisa sampaikan tentang destinasi wisata yang kita kunjungi. Berikut contoh kegiatan seorang pemandu wisata yang berangkat dari kota Jakarta.
Berikut adalah contoh suatu kegiatan pemandu wisatawan yang saya alami dalam memandu wisatawan menuju kota Bandung,  pertama-tama saya harus menguasi tentang akses menuju kota Bandung dengan jalur darat lebih tepatnya via tol , akses termudah untuk menuju kota bandung adalah dengan menggunakan akses jalan tol yang menuju  tol Cikampek  dan mengarah ke akses jalan tol cipularang . akses ini adalah akses yang pada umumnya di guanakan oleh para wisatawan yang akan akan berkunjung ke objek wisata yang terdapat di kota bandung , dengan menggunakan akses jalan tol tersebut kita akan memakan waktu sekitar 2,5 – 3 jam dari Jakarta untuk menuju kota Bandung .
Selain itu kita dapat melalui akses jalur alternative menuju bandung , dari Jakarta kita bisa mengambil akses tol menuju tol Jagorawi (Jakarta,Bogor,Ciawi) keluar di jalan raya puncak dan menuju kota bandung melalui akses jalur Puncak-Padalarang , jika kita melaui jalan ini kita akan mendapatkan pemandangan puncak bogor dan banyak tempat wisata yang akan kita lewati seperti Taman Safari Indonesia dan tempat wisata lain yang terdapat di puncak bogor. Jika kita menggunakan akses ini kita akan memakan waktu perjalanan dari Jakarta kurang lebihnya sekitar 4-5 jam perjalan menuju kota Bandung.
Sesampainya di kota bandung kita dapat menyampaikan materi seperti menjelaskan asal usul nama kota bandung , objek wisata yang terdapat di kota bandung, kesenian yang terdapat di kota bandung , makanan khas dari kota bandung ,sejarah kota bandung dan masih banyak lagi yang bisa kita sampaikan sebagai materi  kepada wisatawan sebagai informasi dan ilmu pengetahuan. 
Ketika tiba tujuan wisata kita akan memandu para wisatawan untuk memasuki museum secara terbib dan teratur disitu kita harus bisa mengatur para wisatawan agar bisa tertib mengitari museum , selain itu kita harus menjelaskan dan menyampaikan informasi yang harus kita sampaikan kepada wisatawan  agar para wisatawan dapat mempelajari apa yang terdapat di museum tersebut dengan kita menyampaikan point-point yang penting yang terdapat di museum tersebut.
Setelah semua acara telah berakhir kita dapat membawa para wisatawan untuk berbelanja di kota bandung Karena banyak berbagai macam oleh oleh yang terdapat di kota bandung antara lainya seperti Pisang bollen kartika sari yang tokonya berpusat di jalan H.Akbar Nomor 4, kebon kawung, peyeum , peyeum ini atau yang bisa kita sebut tape ini memang sudah identik dengan kota bandung kita dapat menjumpai oleh oleh khas ini banyak di kota bandung, dan yang terakhir yang ingin berwisata belaja kita bisa menuju pasar ciampelas disana banyak beragam macam oleh-oleh khas bandung.
Selain pengalaman memandu wisatawan di kota bandung saya juga mempunyai pengalaman memandu wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) suatu objek wisata yang betema budaya ini memiliki luas wilayah hingga 150 H. pembangunan tmii ini sendiri di cetuskan oleh ibu Negara Siti Hartinah yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. Pembangunan tmii ini dimulai pada tahun 1972 dan diresmikan pada tahun 1975. Disini dibangun berbagai arsitektur rumah adat daerah Indonesia dan berbagai macam kesenian seperti tarian asal daerah yang terdapat di Indonesia . di setiap anjungan daerah tersebut sudah di sediakan guide asli dari daerah tersebut agar mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke anjungan daerah tersebut.
Disini saya melakukan praktek kerja lapangan dan mencari pengalaman di bidang pariwisata khusunya pemandu wisata/Guide . Pengalaman saya memandu wisatawan di Tmii adalah  saya harus bisa menguasai tentang berdirinya tmii , tempat apa saja yang terdapat disini, dan semua fasilitas lainnya yang terdapat di Tmii ini seperti anjungan daerah, dan semua museum yang terdapat di Tmii. 
Di Tmii ini biasanya saya melayani wisatawan yang berjumlah banyak atau grup wisatawan , disini saya akan memandu mereka berkeliling Tmii dan menyampaikan semua materi yang berkaitan dengan tmii. Biasanya yang paling membutuhkan jasa pemandu wisata atau guide adalah wisatawan asing , disini kita harus dituntut mampu berbahasa internasional yaitu bahasa  inggris , bukan hanya bahasa inggris tetapi sering kali banyak wisatawan asing yang menggunakan bahasa negaranya sendiri seperti bahasa mandarin , arab dan lain-lain , terkadang saya merasa kesulitan untuk berdiskusi dengan wisatwan ini Karena factor bahasa yang saya kuasai belum luas . tetapi ini bisa menjadi masukan buat saya agar belajar dan menguasai bahasa asing lewat macam macam wisatawan asing yang datang kesini.
Disini saya bukan hanya melayani para pengunjung dengan cara menjadi pemandu wisata, saya juga mencari pengalaman di bidang informasi center disini saya belajar untuk melayani pengunjung yang bertanya-tanya tentang objek wisata tmii ini dan mencari informasi tentang tmii ini tugas saya disini adalah untuk menyampaikan informasi yang di butuhkan oleh para wisatawan , untuk memberikan pelayanan yang maksimal saya harus bisa memberikan informasi yang dibutuhkan oleh para wisatawan baik pengetahuan dan informasi tentang suatu objek wisata.
Untuk menjadi seorang pemandu di objek wisata seperti objek wisata Taman Mini Indonesia Indah ini objek wisata yang bertema budaya kita harus bisa mengerti dan menjelaskan informasi yang ada di tmii ini Karena di tmii ini bukan hanya Anjungan daerah tetapi juga terdapat museum yang beragam seperti museum Indonesia dan museum lainnya. Kita harus menguasai semua materi tersebut sebagai bahan penyampaian kepada para wisatawan yang berkunjung ke Tmii.
Sebagai salah satu objek wisata yang bertemakan budaya seharusnya taman mini Indonesia indah ini menjadisalah satu objek wisata yang wajib di kunjungi oleh para pelajar yang ingin mengorek semua informasi tentang budaya yang terdapat di Indonesia dengan mengunjungi taman mini Indonesia ini sebagai bagai ilmu pengetahuan terhadap budaya bangsa sendiri.  Karena pada era sekarang keinginnan untuk mempelajari budaya bangsa sendiri agak memudar karena semakin berkembangnya teknologi jaman yang semakin maju sehingga banyak yang tidak mempedulikan akan pengetahuan budaya yang terdapat di Indonesia ini . maka dari itu sebagai seseorang pemandu kita harus belajar banyak tentang beragam macam budaya yang terdapat di Indonesia sebagai bahan penyampaian kepada para wisatawan.
Jadi ketika kita menjadi seorang pemandu wisata terlebih dahulu kita harus menguasai suatu objek yang akan kita kunjungi , agar memudahkan kita untuk menyampaikan informasi kepada para wisatawan , kita juga harus bisa menghibur para wisatawan dengan lelucon lelucon lucu, tebak-tebakan , dan memberi hadiah atau souvenir kepada wisatawan agar wisatwan senang dan tidak bosan dengan penjelasan yang kita sampaikan. Untuk menarik hati para wisatawan kita harus mempunyai daya tarik sendiri seperti candaan candaan , penampilan yang menarik dan pengetahuan atau wawasan yang tinggi.
Demikianlah cerita  pengalaman saya sebagai seorang pemandu wisata yang pernah saya jalani semoga ini bisa memotivasi saya agar saya bisa lebih baik lagi karena menjadi seorang Pemandu Wisata haruslah mampu bersikap professional dan mempunyai wawasan dan sejarah yang tinggi sebagai suatu pegangan yang dimiliki oleh seorang pemandu wisata. Maka dari itu saya meminta maaf jika ada penulisan kata yang salah  dan kata kata yang tidak anda mengerti  , kurang lebihnya saya ucapkan terimakasih. 

Wasalamualaikum Wr.Wb


Muhammad Arifta
4423143965
Usaha Jasa Pariwisata A 2014
muhammadarifta@gmail.com

No comments:

Post a Comment